PDIP dan PBB Bahas Koalisi, Duet Puan-Yusril pada Pilpres 2024 Mencuat

Duet Puan dan Yusril dinilai layak untuk maju di 2024

Jakarta, IDN Times - Menjelang perhelatan pelaksanaan Pemilu 2024, pimpinan partai politik rajin melakukan komunikasi. Hal ini dilakukan juga oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor. Keduanya melakukan pertemuan tertutup di sekitar kawasan Menteng Jakarta Pusat pada Rabu, 25 Januari 2023.

Sekjen PBB, Afriansyah Noor, mengatakan, pertemuan tersebut membahas kebangsaan dan kemajuan bangsa. Tak luput juga tentang rencana koalisi yang akan dibangun antara PDIP dan PBB. 

“Kami (PBB dan PDIP) memiliki kesamaan visi dalam membangun bangsa dan negara," kata Afriansyah Noor dalam keterangannya, Kamis (26/1/2023). 

Baca Juga: Jalin Komunikasi Koalisi ke PDIP, PBB Tunggu Respons Megawati

1. PBB realistis dorong Yusril maju cawapres pada 2024

PDIP dan PBB Bahas Koalisi, Duet Puan-Yusril pada Pilpres 2024 MencuatKetua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra. (dok. IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Afriansyah mengaku realistis mengusulkan Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"PBB realistis saja mengusulkan calon wakil presiden, Prof Yusril Ihza Mahendra kepada PDIP yang mana nanti akan di pasangkan dengan siapapun kami akan menerimanya,” ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Dukung Yusril Jadi Capres 2024: Gantian!

2. PBB sebut Yusril siap dipasangkan dengan siapapun

PDIP dan PBB Bahas Koalisi, Duet Puan-Yusril pada Pilpres 2024 MencuatSekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor, melakukan pertemuan tertutup di sekitar kawasan Menteng Jakarta Pusat (dok. Istimewa)

Afriansyah juga mengatakan tak masalah jika Yusril diduetkan dengan capres manapun yang dikehendaki PDIP, termasuk Puan Maharani.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan itu menambahkan, apalagi kedua partai ini juga sepakat mendukung pelaksanaan pemilu dengan sistem proporsional tertutup untuk mengurangi hegemoni kekuasaan oligarki yang selama ini terjadi.

“Jika dipasangkan dengan Mbak Puan, atau siapapun yang direstui oleh PDIP, PBB siap mendukung penuh akan memenangkan pasangan calon tersebut,” ucap dia.

Baca Juga: Survei Algoritma: Puan Capres Paling Tak Bakal Dipilih di 2024

3. Duet Puan-Yusril dinilai layak pada 2024

PDIP dan PBB Bahas Koalisi, Duet Puan-Yusril pada Pilpres 2024 MencuatKetua DPP PDIP Puan Maharani di Manado (dok. PDIP)

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto juga membenarkan adanya pertemuan dengan Sekjen PBB, Afriansyah Noor. 

Hasto mengklaim peluang untuk berkoalisi dengan PBB sangat terbuka. Namun saat ini masih dalam tahap penjajakan. Dia menambahkan, sesuai amanat Kongres PDIP tentanh calon yang akan diusung, sepenuhnya diserahkan kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarano Putri.

“Kami memiliki sejarah yang panjang dengan PBB, yakni kekuatan Islam dan Nasionalis, selalu bersama-sama dalam membangun bangsa dan negara. Saya kira pasangan Puan-Yusril layak untuk diperjuangkan dan diwujudkan sehingga bisa menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024,” imbuh Hasto.

Baca Juga: Kejutan di HUT PDIP, Ganjar: Bu Mega Kepengin PDIP Menang Hattrick

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya