Pembangunan Keberlanjutan Ala Prabowo Potensial Gaet Suara Gen Z

Pemilih muda tertarik keberlanjutan dan perbaikan

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Airlangga, Kacung Marijan, menilai program keberlanjutan pembangunan yang digaungkan calon presiden (capres) Prabowo Subianto, efektif untuk menggaet suara milenial.

Prabowo sendiri beberapa kali memastikan ia akan melanjutkan pembangunan era pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, jika ia terpilih pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

1. Prabowo refleksikan pembangunan keberlanjutan dan perubahan

Pembangunan Keberlanjutan Ala Prabowo Potensial Gaet Suara Gen ZMomen Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama awak media di Lembang, Bandung (dok. Istimewa)

Kacung menjelaskan, pemilih muda yang berasal dari generasi milenial ingin ada ‘jalan tengah’ yang mencerminkan keberlanjutan, namun tetap mempertahankan unsur perubahan. Menurutnya, Prabowo merupakan figur yang merefleksikan kedua hal tersebut.

“Mereka (milenial) ingin jalan tengah yang merefleksikan, ada keberlanjutan, tapi juga ada unsur perubahan. Jadi ada keberlanjutan, di satu sisi tapi di sisi yang lain ada yang punya keyakinan bahwa Pak Prabowo itu bukan hanya keberlanjutan tapi juga ada perbaikan,” kata Kacung dalam keterangannya, Senin (17/7/2023).

2. Pemilih muda cenderung tertarik visi dan misi keberlanjutan serta perbaikan

Pembangunan Keberlanjutan Ala Prabowo Potensial Gaet Suara Gen Zilustrasi gen Z (IDN Times/Indonesia Gen Z Report 2022)

Kacung menjelaskan, saat ini pemilih muda cenderung tertarik pada visi dan misi pembangunan keberlanjutan serta perbaikan.

“Jadi sisi Prabowo diyakini ada continuity dan juga ada improvement,” ujarnya.

Diketahui, Prabowo dalam beberapa kesempatan mengungkapkan akan melanjutkan beberapa program yang telah dicanangkan Presiden Jokowi, seperti hilirisasi dan pembangunan infrastruktur. Dia mengklaim, hal itu bertujuan agar pendapatan negara meningkat dan Indonesia bisa menjadi negara maju.

Baca Juga: Datang ke Rumah Prabowo, Budiman Sudjatmiko: Pemikirannya Menarik

3. Prabowo dan Ganjar rebutan endorse, Jokowi dinilai akan jadi penengah

Pembangunan Keberlanjutan Ala Prabowo Potensial Gaet Suara Gen Z(dok. Gerindra)

Sementara itu, Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara, menilai Presiden Jokowi akan jadi penengah arah dukungan calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Dia menyebut, kubu Ganjar Pranowo dan Prabowo saling memperebutkan dukungan Jokowi.

Robi menjelaskan, kontestasi kedua kubu tersebut salah satunya dengan saling mengklaim akan melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

"Dua kubu yang kemungkinan besar berkontestasi antara kubu Ganjar dan Kubu Prabowo akan melakukan balance of power dalam merebut hati, sikap, dan dukungan Presiden Jokowi, dengan cara salah satunya mengklaim masing-masing akan melanjutkan kepemimpinannya," kata Robi dalam konferensi pers bertajuk Pemilu Damai 2024, Orkestea Jokowi pada Pemilu 2024 di Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023).

Kendati, Robi meyakini, Jokowi akan menjadi penengah dan melakukan stabilisasi terhadap kubu Ganjar maupun Prabowo. Cara itu diambil agar tidak terjadi benturan politik jelang Pemilu 2024.

"Jokowi akan melakukan stabilisasi dua kubu tersebut agar balance of power tidak menyebabkan benturan keras," tutur dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/rI7latq0oV0

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya