Prabowo dan Ganjar Rebutan Endorse, Jokowi Dinilai Akan jadi Penengah

Jokowi jadi penengah untuk jaga stabilitas

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara menilai Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan jadi penengah terkait arah dukungan calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Robi menilai, kubu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto saling memperebutkan dukungan Jokowi.

Baca Juga: Soal Cawapres, Ganjar: Sabar!

1. Prabowo dan Ganjar rebutan dukungan Jokowi

Prabowo dan Ganjar Rebutan Endorse, Jokowi Dinilai Akan jadi PenengahPresiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Dia menjelaskan, kontestasi kedua kubu tersebut salah satunya dengan saling mengeklaim akan melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

"Dua kubu yang kemungkinan besar berkontestasi antara kubu Ganjar dan Kubu Prabowo akan melakukan balance of power dalam merebut hati, sikap, dan dukungan Presiden Jokowi dengan cara salah satunya mengklaim masing-masing akan melanjutkan kepemimpinannya," kata Robi dalam konferensi pers bertajuk Pemilu Damai 2024, Orkestea Jokowi pada Pemilu 2024 di Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

2. Jokowi akan jadi penengah untuk menjaga stabilitas politik

Prabowo dan Ganjar Rebutan Endorse, Jokowi Dinilai Akan jadi PenengahPresiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Papua Nugini usai serangkaian kunjungan kerjanya di Sydney, Australia (dok. Sekretariat Presiden)

Kendati begitu, Robi meyakini Jokowi akan menjadi penengah dan melakukan stabilisasi terhadap kubu Ganjar maupun Prabowo. Cara itu diambil agar tidak terjadi benturan politik jelang Pemilu 2024.

"Jokowi akan melakukan stabilisasi dua kubu tersebut agar balance of power tidak menyebabkan benturan keras," tutur dia.

Baca Juga: Jokowi Minta Budi Arie Selesaikan Proyek BTS

3. Hasil media monitoring, ada sejumlah peran Jokowi dalam cawe-cawe

Prabowo dan Ganjar Rebutan Endorse, Jokowi Dinilai Akan jadi PenengahPresiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Kemudian berdasarkan pemantauan media monitoring pada Juni 2022 sampai Juni 2023, Senopati Syndicate melihat peran besar Jokowi dalam cawe-cawe jelang Pemilu 2024.

Adapun manuver politik itu terkait penentuan bakal capres dan cawapres. Robi menilai, Jokowi berhasil menjadi penengah.

"Dalam pantauan selama satu tahun, ada tiga hal yang penting bagaimana Presiden Jokowi kita sebut sebagai pemimpin okestra dalam Pemilu 2024 ini," jelas Robi.

"Pertama, Jokowi akan menjadi stabilisator pada pemilu 2024. Kedua, Presiden Jokowi memiliki dua warisan besar yakni tingkat kepuasan publik yang besar dan relawan-relawan Jokowi yang cukup militan. Ketiga, Presiden Jokowi bisa mengkonsolidasi kekuatan internal pemerintahan khususnya kekuatan TNI-Polri dalam satu barisan yang kuat untuk tetap loyal pada kepentingan bangsa dan negara," sambung dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya