Prabowo Dinilai Berubah Jelang 2024, Lebih Fleksibel!

Suara Prabowo menguat di kalangan anak muda

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dinilai semakin luwes dalam menentukan kebijakan dan berkomunikasi jelang Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN), Gema Nusantara Bakry menuturkan belakangan ini, Prabowo lebih mengedepankan program populis sehingga dekat dengan berbagai elemen masyarakat.

“Tentu ada ya faktor perubahan atau transformasi personal Pak Prabowo. Tentu ini dalam sikapnya cenderung fleksibel dalam pendekatan kepada beberapa golongan,” kata dia saat dihubungi, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Partai Gelora Deklarasi Dukung Prabowo pada 2 September

1. Gaya komunikasi Prabowo berubah jelang 2024

Prabowo Dinilai Berubah Jelang 2024, Lebih Fleksibel!Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Gema menjelaskan, sosok Prabowo memang saat ini banyak mencuri perhatian publik. Gaya komunikasi Prabowo berubah jika dibandingkan Pilpres 2019 lalu.

Saat ini, Prabowo dinilai bisa lebih berbaur dan mencair ketika blusukan bertemu masyarakat. Ketika bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Prabowo seringkali berdiskusi tentang ekonomi kerakyatan.

Selain itu, dalam beberapa kesempatan, Prabowo juga mengundang sejumlah selebgram dan juga komika ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk berbincang santai.

Oleh karenanya, hal itu sejalan dengan temuan dari LSN yang juga menyatakan Prabowo adalah sosok capres yang disukai oleh golongan muda. Bahkan, di mata generasi Z dan milenial Prabowo berhasil meraih sentimen yang positif.

“Salah satu temuan kami juga Prabowo termasuk capres yang disukai oleh generasi millennial, tidak hanya golongan X tapi juga generasi Z dan milenial memiliki sentimen yang cukup tinggi kepada Pak Prabowo,” ungkap Gema.

2. Gaya komunikasi Prabowo dongkrak dukungan anak muda

Prabowo Dinilai Berubah Jelang 2024, Lebih Fleksibel!Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (dok. istimewa)

Berdasarkan data survei yang dirilis LSN bulan Juli 2023, Prabowo terbukti mendapatkan dukungan sebanyak 39,8 persen dari kelompok usia 17 sampai 24 tahun yang mewakili generasi Z. Angka itu terbukti lebih tinggi dari yang didapatkan oleh capres PDIP, Ganjar Pranowo dengan 31,5 persen dan capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yang hanya mengantongi dukungan sebesar 23,4 persen. 

“Jadi memang beliau secara karakteristik secara sikap jauh lebih luwes dibanding dua tokoh lain,” tutur Gema.

3. Prabowo kalahkan Ganjar dan Anies dalam tagar di media sosial

Prabowo Dinilai Berubah Jelang 2024, Lebih Fleksibel!Ilustrasi media sosial. IDN Times/Paulus Risang

Sebelumnya, Lembaga Senopati Syndicate memantau penggunaan tanda pagar (tagar) terhadap bacapres di jejaring media sosial jelang Pemilu 2024 mendatang.

Tagar atau hashtag sendiri merupakan simbol, pengelompokan, atau kata kunci yang diletakan di awal kata atau frasa yang diketikan pada status di sosial media yang bertujuan untuk mempermudah pencarian isu-isu tertentu, juga digunakan sebagai reaksi gerakan sosial.

Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara mengatakan, pemantauan itu dilakukan pada 15 Agustus 2023. Adapun pemantuan tagar itu difokuskan kepada tiga bacapres yang digadang-gadang maju di 2024, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Hasilnya, tagar Prabowo jadi yang paling banyak digunakan. Kemudian disusul Ganjar dan Anies.

"Untuk kategori tagar nama balon maka Prabowo unggul dari dua balon lainnya. Tagar #prabowo, #prabowosubianto memperoleh total tagar 1.648.494. Tagar #ganjarpranowo, #ganjar, #ganjar_pranowo memperoleh total tagar 1.444.418. Tagar
#aniesbaswedan, #anies memperoleh total tagar 1.398.646," kata Robi dalam keterangannya, Kamis (24/8/2023).

Sementara itu, kata Robi, Ganjar unggul jauh dalam tagar yang menyematkan relawan. Ganjar memperoleh 56.905 tagar. Kemudian disusul Anies dan Prabowo.

"Untuk kategori tagar relawan dari masing-masing balon, tagar relawan ganjar unggul dari 2 balon presiden lainnya. Tagar #relawanprabowo, #relawanprabowosubianto, #relawanprabowojateng memperoleh 1.799. Tagar #relawanganjar, #relawanganjarpranowo memperoleh 56.905. Tagar #relawananies memperoleh 17.259," ucap dia.

Robi lantas menuturkan, jumlah tagar menjadi salah satu indikator kekuatan bagi masing-masing bacapres yang berkontestasi pada Pemilu 2024.

Prabowo unggul dalam tagar sebagai menunjukan kekuatan konsistensi dukungan dari publik yang menjadi modal kuat jelang 2024. Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan unggul dalam tagar relawan mengalahkan jauh dari Prabowo.

"Tagar Relawan Ganjar unggul di posisi teratas yang kemungkinan menduplikasi strategi kemenangan Jokowi sebagai presiden," imbuh dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Prabowo Subianto: Saya Tidak Menyesal Bergabung dengan Jokowi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya