Prioritaskan Kualitas, Muhaimin Emoh Paksakan Kader PKB Maju Pilkada

Buka opsi usung calong dari non-kader PKB

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan bakal prioritaskan kualitas figur yang maju dalam Pilkada Serentak 2024.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, membuka peluang mengusung tokoh non-kader untuk maju menjadi kepala daerah.

1. PKB tak paksakan kader untuk maju di Pilkada

Prioritaskan Kualitas, Muhaimin Emoh Paksakan Kader PKB Maju PilkadaCawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar ketika lakukan rapat virtual di DPP PKB. (www.x.com/@cakimiNow)

Pria yang akrab dipanggil Cak Imin itu menyebut, tidak akan memaksakan mengusung kadernya untuk maju di pilkada jika kualitasnya buruk.

"Sehingga kami tidak melihat lagi kalau kader tapi kualitasnya rendah, juga tidak akan kita terima, tapi kalau dari luar kualitasnya bagus, pasti insyallah kami usung," kata dia dalam jumpa pers di rumah dinasnya, kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Jadi Tersangka Korupsi, Cak Imin: Sudah Dipecat 

2. Cak Imin persilakan seluruh masyarakat yang ingin maju mendaftar

Prioritaskan Kualitas, Muhaimin Emoh Paksakan Kader PKB Maju PilkadaCawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengimbau kepada seluruh relawan AMIN untuk tidak terhipnotis dengan hasil quick count. (IDN Times/Amir Faisol)

PKB juga mempersilakan masyarakat untuk mendaftarkan diri maju pada gelaran Pilkada Serentak 2024. Bagi tokoh masyarakat yang tertarik, bisa mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) maupun Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

Partai berlambang globe hijau itu pun membuka pendaftaran jalur daring. Pendaftaran sudah mulai di buka per hari ini, 20 April 2024.

"Yang ingin diusung oleh PKB, oleh karena itu kepada seluruh masyarakat, tokoh-tokoh yang punya komitmen, yang punya calon, bahkan yang mau mencalonkan diri, kami persilakan mendaftarkan di masing-masing kantor DPC atau langsung ke DPP, atau melalui online sistem yang sudah kami siapkan," ungkapnya.

3. Kriteria utama calon kepala daerah

Prioritaskan Kualitas, Muhaimin Emoh Paksakan Kader PKB Maju PilkadaCawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar saat mengunjungi situs sejarah Candi Gayatri di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, PKB menyampaikan kriteria penting yang harus dimilik para calon kepala daerah untuk diusung.

"Terutama yang memiliki misi, memiliki gagasan memiliki cita-cita untuk membangun daerah, tanpa melihat latar belakang apa pun, suku, agama, ras, golongan, dan partai apa pun," imbuh calon wakil presiden nomor urut 01 itu.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Silaturahmi Usai Lebaran, Sempat Singgung Gugatan di MK

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya