Puan Masuk Sembilan Capres Usulan PAN, Ini Tanggapan Gerindra

Gerindra hormati hasil keputusan partai lain, termasuk PAN

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, buka suara terkait munculnya nama Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam dalam sembilan tokoh calon presiden (capres) usulan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dia menuturkan, Gerindra sebagai parpol menghargai setiap keputusan partai lain.

"Ya itu lah demokrasi bahwa kemudian ada beberapa nama yang disebut teman-teman di PAN, termasuk Mbak Puan ya kita apresiasi namanya demokrasi ya kita mesti apresiasi," ujar Dasco kepada awak media di Kompleks Parlemen, Senin (29/8/2022).

Dia menegaskan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) sebagaimana yang dilakukan PAN merupakan aspirasi yang dihimpun dari berbagai daerah. Sehingga apapun keputusannya, harus dihargai.

"Ya jadi kalau Rakernas suatu parpol tentu itu meneruskan aspirasi kawan-kawan di daerah," ucap Dasco.

Baca Juga: Majelis Kehormatan Gerindra Rekomendasikan Prabowo Pecat Syukri Zen

1. Gerindra tak masalah, tak ada nama Prabowo di Rakernas PAN

Puan Masuk Sembilan Capres Usulan PAN, Ini Tanggapan GerindraKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Dasco menuturkan, partai berlambang kepala burung garuda itu tidak bermasalah dengan sembilan nama yang direkomendasikan PAN maju sebagai capres. Termasuk tidak adanya nama Prabowo Subianto dalam daftar itu.

"Dan kami tidak ada masalah mengenai nama-nama yang keluar, termasuk nama Prabowo tidak ada di situ. Itulah demokrasi dan kita hormati," kata dia.

Baca Juga: Prabowo Nyapres Lagi, Gerindra: Karena Dukungan Rakyat!

2. PAN usulkan 9 nama capres

Puan Masuk Sembilan Capres Usulan PAN, Ini Tanggapan Gerindrailustrasi pemilu (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengumumkan sejumlah nama yang direkomendasikan oleh kader PAN di seluruh Indonesia di dalam rakernas ke-3 pada Sabtu, (27/8/2022) untuk diusung menjadi bakal capres.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu mengelompokan nama bakal capres itu ke dalam tiga klaster.

Klaster pertama KIB (Koalisi Indonesia Bersatu), klaster kedua teknokrat, dan klaster ketiga adalah kepala daerah.

"Nama pertama, saya sendiri, Zulkifli Hasan. Nama kedua, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, nama ketiga Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan nama keempat adalah Ketua DPP PDI Perjuangan Ibu Puan Maharani. Itu yang berasal dari klaster politik," ungkap Zulhas.

Namun, respons kader PAN terdengar menyoraki Puan ketika namanya dibacakan oleh Zulhas. Sementara, untuk klaster teknokrat ada nama Menteri BUMN Erick Thohir. Di klaster ketiga yakni empat kepala daerah.

"Klaster kepala daerah, satu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kepala daerah kedua, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa," tutur Zulhas.

Baca Juga: Tak Ingin BBM Naik, Gerindra: Negara Masih Mampu Subsidi

3. Gerindra dorong Prabowo maju sebagai capres

Puan Masuk Sembilan Capres Usulan PAN, Ini Tanggapan GerindraMenteri Prabowo Subianto ketika menuliskan pengalamannya mengabdi di TNI ke dalam buku (www.instagram.com/@prabowo)

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto memastikan maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Prabowo dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

"Saudara-saudara dengan demikian, mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, dengan saya mempelajari dengan seksama sikap setiap DPD dan sayap partai yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai Presiden RI tahun 2024," ujar dia, (12/8/2022).

Sontak pernyataan Prabowo itu disambut teriakan dari ribuan kader Gerindra yang hadir.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya