Ribuan Pegawai Honorer Demo di DPR, Minta Diangkat Jadi ASN Tanpa Tes

Demonstran terdiri dari pegawai honorer berbagai instansi

Jakarta, IDN Times - Ribuan pegawai honorer menggelar demo di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat pada Senin (7/8/2023). Aksi unjuk rasa itu digelar forum non-ASN dan honorer Provinsi Jawa Tengah dan Banten.

Demonstran itu terdiri dari pegawai honorer di berbagai instansi, seperti Satpol PP, Dishub, Nakes, hingga pegawai teknis lembaga pemerintah pusat maupun daerah.

Koordinator Aksi, Taufik Hidayat menyampaikan tiga tuntutan utama terkait kesejahteraan pegawai honorer. Pertama, pihaknya meminta agar revisi UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Mereka juga meminta pegawai honorer bisa menjadi ASN tanpa melewati tes.

Organisasi profesi honorer itu juga mendesak Presiden Joko "Jokowi" agar menerbitkan peraturan pemerintah terbaru berkaitan dengan pengangkatan honorer menjadi PNS atau PPPK.

"Memberikan hak yang sama berkaitan dengan afirmasi kepada seluruh honorer teknis dan administrasi untuk seleksi PNS dan PPPK," kata dia di lokasi.

Taufik memastikan, aksi tersebut diikuti oleh massa berjumlah hingga enam ribu pegawai honorer.

Pantauan IDN Times di lokasi, massa masih berkumpul di sekitar depan Gedung DPR. Puluhan aparat kepolisian mengawal jalannya aksi penyampaian pendapat.

Baca Juga: Belasan ASN di Lumajang Ajukan Gugatan Cerai

Baca Juga: Demo di Gedung DPR, Honorer Banten Minta Diangkat Jadi PNS

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Daftarkan 6.500 Honorer Diangkat PPPK

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya