Sandiaga Uno Beri Catatan Agar Ekonomi Daerah di Manado Tumbuh

Ingatkan pentingnya fasilitas penunjang destinasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memberi sejumlah catatan dalam membangun sebuah destinasi wisata khususnya Manado, agar menjadi salah satu tulang punggung ekonomi daerah.

Menurut Sandiaga, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) harus memahami agar pengembangan di berbagai sektor efektif. Dia sendiri sempat menghadiri program Kelana Nusantara yang diadakan di Kota Manado pada Rabu, 9 Agustus 2023.

“Kota Manado sudah mengikuti salah satu program unggulan di Kemenparekraf yaitu Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia yaitu pada tahun 2017 telah mengikuti kegiatan Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) dengan subsektor musik sebagai subsektor ekraf unggulannya dan mengikuti kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan pada tahun 2022,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Sabtu (12/8/2023).

"Terpilihnya musik, harapannya bisa mengembangkan sub sektor-sub sektor ekraf lainnya seperti seni pertunjukan, fesyen, dan lain sebagainya," lanjut Sandiaga.

1. Manado punya daya tarik desa wisata

Sandiaga Uno Beri Catatan Agar Ekonomi Daerah di Manado Tumbuh(dok. Istimewa)

Sandiaga mengatakan, selain musik, Manado juga memiliki daya tarik pariwisata dari desa wisatanya yang unik. Salah satunya Desa Wisata Bunaken yang diakui sebagai situs warisan budaya pada 2005 lalu.

“Kemudian ada Desa Wisata Tongkaina, yang mana pariwisatanya mulai maju dan dikenal karena adanya hewan penyu. Selanjutnya ada Desa Wisata Jalan Roda dan Malalayang Dua, yang mana pemandangannya begitu luar biasa karena masih asri. Desa-desa wisata seperti itu perlu dikembangkan,” kata dia.

Baca Juga: Soal Dugaan Pelecehan Finalis Miss Universe, Ini Kata Menparekraf

2. Perlunya fasilitas penunjang destinasi wisata

Sandiaga Uno Beri Catatan Agar Ekonomi Daerah di Manado TumbuhPemandangan bawah laut di Taman Nasional Bunaken (indonesia.travel)

Sandiaga lantas menyoroti fasilitas penunjang destinasi wisata. Menurutnya, dalam membangun destinasi wisata unggulan perlu adanya unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas).

Dia menjelaskan, atraksinya seperti perlunya event-event yang dapat menarik wisatawan. Amenitasnya yaitu akomodasi, restoration, kafe, hotel, dan lain sebagainya. Sementara untuk Aksesibilitas, Sandiaga menekankan pentingnya peran pemerintah.

“Caranya seperti membuat penerbangan langsung ke Manado, yang masih dirasa kurang. Ini akan kita (Kemenparekraf) tingkatkan dengan berkolaborasi bersama Pak Gubernur dan seluruh jajaran. Kita ingin menambah penerbangan langsung ke Manado,” beber Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Mendadak Diteriaki 'RI 1' Saat Pidato di Desa Wisata

3. Sandiaga sebut perlunya konsep 3Si dalam membangun pariwisata

Sandiaga Uno Beri Catatan Agar Ekonomi Daerah di Manado TumbuhMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno kembali berkunjung ke Kaldera Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Rabu (17/7/2023) (dok. Menparekraf)

Selanjutnya, untuk membangun pariwisata dan ekonomi kreatif, perlu konsep 3Si (Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi).

“Saat ini kita fokus ke kualitas sebuah produk dan bagaimana inovasinya, agar nantinya bisa dikolaborasikan menjadi sebuah produk unggulan,” kata Sandiaga.

Sandiaga menuturkan, upaya tersebut dinilai bisa membuka 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di sektor Parekraf. Dia juga mengajak seluruh stakeholder di sektor parekraf untuk bersinergi. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas kemampuan SDM dan jasa layanan/produk, untuk memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Saya mengapresiasi pemerintah Kota Manado yang secara konsisten berupaya untuk mengembangkan sektor Parekraf. Oleh karena itu, kita perlu 3G (Gercep, gerak cepat, tidak menunda pekerjaan. Geber, gerak bersama, dan Gaspol, garap semua potensi online),” ujar Sandiaga mengimbaunya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pastikan Konser Coldplay Hanya Sehari di Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya