Sowan ke Projo, Gabungan Relawan Dorong Sandi Nyapres di Pemilu 2024

Pertemuan Projo dan Relawan Sandiaga digelar tertutup

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Gabungan Relawan Sandiaga Uno, Fikri El Aziz mengungkapkan alasan bersilaturahmi ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pro Jokowi (Projo) di Pancoran, Jakarta Selatan, pada Selasa (8/8/2023) sore.

Fikri menjelaskan, gabungan Relawan Sandiaga yang ikut berkunjung ke Markas Projo di antaranya, Sandipreneur Indonesia, Espas Indonesia, Rumah Sandi Uno Indonesia, Sahabat Sandi, OK OCE GAN, dan Gerbong Pecinta Sandi.

Baca Juga: PPP Bocorkan Kode dari Puan Soal Sandiaga Dampingi Ganjar 

1. Relawan ingin jadikan Sandiaga nyapres

Sowan ke Projo, Gabungan Relawan Dorong Sandi Nyapres di Pemilu 2024Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Danau Toba, Sumatra Utara. (IDN Times/Uni Lubis)

Fikri lantas menjelaskan, gabungan relawan Sandiaga itu ingin belajar dari Projo yang sudah dua kali memenangkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di pilpres.

Projo tercatat sudah ikut jadi bagian pendukung dan memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019.

"Jadi ke depannya kami akan terus belajar kepada DPP Projo sebagai senior kami yang sudah sukses dua kali mengantarkan Pak Presiden Jokowi melenggang ke Istana, kita ingin belajar banyak dari Projo bagaimana step-step yang harus kita lalui," kata Fikri di lokasi.

Di sisi lain, Sandiaga jadi salah satu figur yang diperhitungkan dalam Pilpres 2024. Nama Sandiaga masuk dalam bursa Musyawarah Rakyat (Musra) yang digelar sejumlah relawan Jokowi. Menparekraf itu masuk sebagai salah satu bakal calon presiden pilihan rakyat.

"Alhamdulillah dari gelaran Musra yang sudah dilalui bersama dengan DPP Projo, kita menemukan sebuah titik terang bahwa Bang Sandi masuk dalam radar dari Musra DPP Projo, merupakan calon presiden yang dipilih oleh para relawan-relawan Jokowi dan itu menjadi sebuah apresiasi, khususnya dari Bang Sandi, sehingga ini menjadi energi khususnya bagi kami di relawan Sandi untuk terus bekerja keras untuk terus bisa bergandengan tangan dengan DPP Projo sampai Februari 2024," jelas Fikri.

Dalam kesempatan yang sama, Bendahara Umum Rumah Sandi Indonesia, Yansyah mengatakan Sandiaga memiliki kapabilitas dan kemampuan menjadi capres.

Dia lantas mengajak seluruh lapisan masyarakat mendukung Sandiaga maju sebagai RI 1 di Pilpres 2024.

"Kami mendukung secara penuh 100 persen Pak Sandi maju sebagai capres 2024. Dan kami siap untuk berada di belakang Pak Sandi dalam melaksanakan kegiatan sosial, kegiatan-kegiatan memastikan harga harga sembako murah serta memastikan pekerjaan menjadi lebih mudah," ungkap Yansyah.

"Dan kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bersama relawan menyuarakan Sandi Uno RI 1 2024," tambah dia.

Baca Juga: Ini 4 Chemistry Ganjar-Sandiaga Versi Politikus PPP

2. Projo dan Relawan Sandiaga bahas dinamika jelang Pilpres 2024

Sowan ke Projo, Gabungan Relawan Dorong Sandi Nyapres di Pemilu 2024Relawan Sandiaga Uno gelar silaturahmi ke Kantor DPP Pro Jokowi (Jokowi) di kawasan Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Presiden (Bappilpres) Projo, Panel Barus menuturkan, pertemuan kedua relawan itu membahas Pilpres 2024.

"Tadi kami sudah berdiskusi, tapi yang pertama perlu saya sampaikan, saya mewakili Projo ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman relawan Sandi Uno, silaturahmi ini penting untuk kita lakukan apalagi menjelang kontestasi Pemilu 2024 nanti," katanya.

Panel mengatakan, dalam diskusi yang digelar secara tertutup itu, Projo dan Relawan Sandiaga membahas cara menjaga pilpres tetap damai. Mereka sepakat Pilpres 2024 harus melahirkan pemimpin nasional yang dicintai rakyat.

"(Pembahasan di dalam membahas) membangun narasi-narasi positif jelang pemilu, narasi tentang pemilu damai ke depan, kita semua sama ya sebagai anak bangsa dalam melihat momentum Pemilu 2024 ini, bahwa pemilu kita semua berharap mampu melahirkan kepemimpinan nasional baru yang dicintai rakyat," jelas dia.

Baca Juga: Tak Punya Lawan Politik, Projo: Musuh Kita Orang Sombong dan Pelit!

3. Relawan Sandiaga diharapkan bisa tiru jejak Projo

Sowan ke Projo, Gabungan Relawan Dorong Sandi Nyapres di Pemilu 2024Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (11/5/2023). (dok. Kemenparekraf)

Diskusi itu juga membahas pengalaman Projo mendukung dan memenangkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di pilpres sebelumnya. Panel berharap upaya yang dilakukan Projo bisa ditiru Relawan Sandiaga.

"Apa yang kami lakukan mungkin hal-hal yang kami sampaikan ini ada hal-hal yang bisa juga dicontoh atau dilakukan teman relawan (Sandiaga) di 2024," tutur dia.

Menurut Panel, tumbuh suburnya relawan jelang kontestasi politik merupakan hal yang wajar. Sebab, saluran politik formal melalui parpol dinilai kurang mengakomodir gerakan relawan.

"Tadi juga ada diskusi sedikit bahwa kenapa relawan tumbuh subur, menjamur, banyak sekali karena mungkin ada saluran politik formal yang tersumbat, sehingga lahirlah saluran-saluran politik informal, lewat simpul-simpul relawan perjuangan aspirasi seperti itu," ungkap dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya