Spanduk 'PSI itu Projo', Pengamat: Persiapan Budi Arie jadi Ketum PSI

PSI dan Projo sama-sama beri sinyal dukung Prabowo

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi menjadi sorotan setelah terpilih menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Kini muncul baliho di sejumlah ruas jalan dengan narasi "PSI itu Projo!".

Pengamat Politik dan Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas menilai, spanduk itu kemungkinan sengaja dipasang karena Budi Arie disiapkan menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Perlu dicermati makna tulisan "PSI itu Projo" yang ada di spanduk tersebut. Kemungkinan spanduk tersebut sengaja dimunculkan sebagai persiapan Budi Arie Setiadi akan diposisikan sebagai Ketua Umum PSI," kata dia saat dihubungi IDN Times, Kamis (10/8/2023).

1. Budi Arie akan gantikan Giring sebagai Ketum PSI

Spanduk 'PSI itu Projo', Pengamat: Persiapan Budi Arie jadi Ketum PSI(dok. Istimewa)

Fernando menjelaskan, analisanya didukung dengan sinyal belakangan ini, bahwa PSI dan Projo sama-sama mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

Oleh sebab itu, kata dia, dalam waktu dekat Budi Arie akan menggantikan Giring Ganesha sebagai Ketum PSI.

"Apalagi belakangan PSI beralih dukungan dari Ganjar Pranowo kepada Prabowo menyusul Projo yang sudah terlebih dahulu mendukung Prabowo," tutur dia.

Baca Juga: Relawan Sandiaga Sambangi Markas Projo, Bahas Dukungan Pilpres 2024?

2. PSI dinilai berharap Budi Arie bisa dongkrak elektoral di 2024

Spanduk 'PSI itu Projo', Pengamat: Persiapan Budi Arie jadi Ketum PSIPenanggung Jawab Musra sekaligus Ketua Umum Pro Jokowi (Projo), Budi Arie (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Fernando menuturkan, PSI sendiri mengharapkan kepemimpinan Budi Arie bisa mendongkrak elektoral pada Pemilu 2024 sehingga lolos ambang batas parlemen.

"PSI berharap dengan kepemimpinan Budi Arie akan menaikkan perolehan suara PSI pada pemilu 2024 sehingga lolos ambang batas parlemen, apalagi saat ini Budi Arie sudah menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika," tutur dia.

3. Spanduk PSI dan Projo beredar di sejumlah ruas jalan

Spanduk 'PSI itu Projo', Pengamat: Persiapan Budi Arie jadi Ketum PSIKantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) relawan pendukung Jokowi, Projo di kawasan Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagaimana diketahui, sejumlah spanduk kolaborasi PSI dan Projo beredar di sejumlah ruas jalan.

Adapun narasi itu bertuliskan ucapan selamat atas terpilihnya Budi Arie sebagai Menkominfo. Kemudian tertulis pula mengenai Projo dan PSI.

"Selamat jalankan amanah Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo. Parpol-relawan bersatu tidak bisa dikalahkan," tulis spanduk itu.

Kemudian dalam spanduk model lainnya tertulis, "PSI itu Projo! Pro Jokowi".

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya