Comscore Tracker

Survei CSIS: Prabowo Tokoh Terpopuler dan Disukai Millennial-Gen Z

Populasi survei berusia 17 sampai 39 tahun

Jakarta, IDN Times - Lembaga Center for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei bertajuk Pemilih Muda dan Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pasca Pandemi.

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes menjelaskan, survei tersebut fokus pada pemilih muda yang berusia 17 sampai 39 tahun dan terdiri dari kelompok generasi Z dan milenial.

"Definisi tersebut merujuk kategori pemilih generasi Z berusia 17-23 tahun dan milenial berusia milenial berusia 24-39 tahun yang dirumuskan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)," ujar Arya di Pakarti Centre, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Survei SMRC: Jelang 2024, Dukungan ke Parpol KIB Kian Melemah

1. Prabowo jadi tokoh terpopuler dan paling disukai, disusul Anies dan Ridwan Kamil

Survei CSIS: Prabowo Tokoh Terpopuler dan Disukai Millennial-Gen ZRilis survei nasional dan diskusi publik CSIS (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Arya mengatakan, survei CSIS membahas popularitas dan kesukaan terhadapa sejumlah tokoh yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden (capres) 2024 mendatang.

"Pertanyaan yang diajukan ke responden, apakah anda mengenal atau pernah mendengar, melihat, mengetahui nama-nama tokoh di bawah ini? Kemudian bila mengetahui apakah anda suka dengan tokoh tersebut?," kata dia.

Hasilnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tampil sebagai tokoh capres dengan popularitas tertinggi, dengan perolehan 96,9 persen. Kemudian disusul Anies Baswedan sebesar 91,0 persen, Ridwan Kamil 85,4 persen, Sandiaga Uno 84,4 persen, Ganjar Pranowo 72,7 persen, Puan Maharani 69,9 persen, Erick Thohir 57,6 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 57,2 persen.

"Sementara tokoh lain yang popularitasnya di bawah 50 persen, ada Khofifah Indar Parawansa, Andika Perkasa, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Salim Segaf Al-Jufri," ujar Arya.

Baca Juga: Survei: Mayoritas Pemilih PDIP dan Golkar Ingin Puan-Airlangga Nyapres

2. Karakter pemimpin yang dibutuhkan pemilih muda

Survei CSIS: Prabowo Tokoh Terpopuler dan Disukai Millennial-Gen Zilustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Sementara, pemimpin 2024 yang diminati dan dibutuhkan pemilih muda di Pemilu 2024 nanti ialah yang memiliki karakter jujur atau tidak korupsi, merakyat, dan berwibawa.

Selanjut karakter lain yang diminati pemilih muda, ialah prestasi kinerja saat memimpin, pengalaman, kecakapan memimpin, taat beragama, hingga cerdas.

"Karakter pemimpin 2024, pemimpin yang jujur dan tidak korupsi jadi karakter yang paling diminati serta dibutuhkan oleh pemilih muda dalam Pemilu 2024 nanti," tutur Arya.

Baca Juga: Survei: 77 Persen Tenaga Kerja Profesional di RI Berpikir untuk Resign

3. Survei digelar 8 sampai 13 Agustus 2022

Survei CSIS: Prabowo Tokoh Terpopuler dan Disukai Millennial-Gen Zilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut Arya menuturkan survei CSIS dilaksanakan pada 8 sampai 13 Agustus 2022, dengan populasi survei penduduk Indonesia yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Populasi sasaran ialah penduduk Indonesia berusia 17-39 saat survei dilakukan.

Adapun jumlah sample sebesar 1.200 responden tersebar secara proposional. Kemudian setelah dilakukan proses kendali mutu, data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.192 sample. Responden diwawancara secara langsung atau tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

"Menggunakan 1.192 sample, margin of error survei ini sebesar kurang lebih 2,84 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Kemudian penarikan sample sepenuhnya dilakukan secara acak menggunakan metode multistage random sampling," imbuh Arya.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya