Survei: Duet Prabowo-Erick Kalahkan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY

Erick Thohir jadi figur cawapres Prabowo yang banyak dipilih

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir, meraih elektabilitas tertinggi dalam survei yang dilaksanakan oleh Lembaga Survei Jakarta (LSJ).

Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto menuturkan, survei tersebut digelar pada periode 14 sampai 24 Agustus 2023.

Baca Juga: Erick Thohir Cawapres Kompetitif Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

1. Pasangan Anies-AHY di urutan buncit

Survei: Duet Prabowo-Erick Kalahkan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHYSandiaga Uno dan Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Muhammad AdimajaIDN Times/Yosafat Diva)

Di dalam survei tersebut, pasangan Prabowo-Erick Thohir sukses mendapatkan dukungan tertinggi dengan persentase 42,5 persen. Kemudian disusul duet Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY.

“Ketika LSJ membuat simulasi Prabowo Subianto berpasangan dengan Erick Thohir melawan pasangan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY, pasangan Prabowo-Erick Thohir tetap unggul cukup signifikan atas kedua kompetitornya tersebut,” kata Fetra dalam keterangannya, Selasa (29/8/2023).

“Kemudian 36,2 persen memilih Ganjar-Sandiaga dan 19,1 persen menjatuhkan pilihannya pada Anies-AHY,” sambung Fetra.

Kemudian sisanya, para pemilih yang belum menentukan pilihannya pada Pilpres 2024 mendatang. Berdasarkan survei LSJ ada sekitar 2,2 persen.

2. Erick Thohir paling banyak dipilih sebagai cawapres Prabowo, menyusul nama Gibran

Survei: Duet Prabowo-Erick Kalahkan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHYMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir naik mobil berpelat Indonesia 1 (dok. Humas Prabowo)

Selain mendapatkan elektabilitas tertinggi jika berpasangan dengan Prabowo, di dalam survei yang sama, Erick Thohir memiliki peluang tertinggi untuk menjadi cawapres Prabowo.

Di dalam survei LSJ, Erick Thohir berhasil mendapatkan dukungan tertinggi sebesar 21,3 persen untuk menjadi cawapres Prabowo.

Selain, Erick Thohir, ada nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Ridwan Kamil, dan Mahfud MD yang juga masuk pada radar bursa cawapres Prabowo.

"Sementara itu, ada 17,4 persen responden yang memilih Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden yang paling cocok untuk mendampingi Prabowo. Kemudian ada juga, Ridwan Kamil 15,7 persen, Mahfud MD 15,2 persen, dan Muhaimin Iskandar 10,3 persen," ucap Fetra.

3. Survei digelar di 34 provinsi

Survei: Duet Prabowo-Erick Kalahkan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHYIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Untuk diketahui, survei ini digelar pada periode 14 sampai 24 Agustus 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia, dengan jumlah sampel sebanyak 1200 responden.

Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan pedoman kuisioner. Margin of error kurang lebih 2,83 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Baca Juga: Baliho Prabowo-Gibran di NTT Ternyata Tak Minta Izin ke Gibran

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya