Survei LSI: Erick Thohir Cawapres dengan Elektabilitas Tertinggi

Survei digelar 1 sampai 8 Juli 2023

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menduduki posisi pertama sebagai calon wakil presiden (cawapres) pilihan masyarakat alias elektabilitas tertinggi dalam riset Lembaga Survei Indonesia (LSI). 

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan, menjelaskan, elektabilitas Erick Thohir biasanya tak pernah berada di urutan pertama

“Pilihan cawapres individu ada yang menarik pada Juli ini, yang biasa Erick Thohir tak pernah menjadi nomor satu pilihan masyarakat, tapi Juli ini, Erick Thohir nomor satu," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga: Survei: Masyakarat Yakin Jokowi Endorse Prabowo di 2024

1. Elektabilitas Erick Thohir tertinggi sebagai cawapres

Survei LSI: Erick Thohir Cawapres dengan Elektabilitas TertinggiMenteri BUMN, Erick Thohir (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Djayadi mengatakan, dalam survei cawapres 24 nama semi terbuka, elektabilitas Erick Thohir mengalahkan Ridwan Kamil.

"Erick Thohir dengan 14,3 persen mengungguli (Gubernur Jawa Barat) Ridwan Kamil yang 13,5. Ini untuk pertama kalinya, cawapres pilihan masyarakat untuk 24 nama semi terbuka,” ucap dia.

Kemudian disusul elektabilitas Mahfud MD 9,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 9,5 persen, Sandiaga Uno 8,9 persen, dan Gibran Rakabuming Raka 7,6 persen.

Selain itu, Erick Thohir kembali menduduki posisi utama dalam simulasi 12 nama cawapres pada Pilpres 2024. Elektabilitas Erick Thohir posisi pertama sebagai cawapres dengan 18,5 persen unggul dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Untuk simulasi 12 nama, Erick Thohir juga menduduki posisi pertama, 18,5 persen, diikuti Ridwan Kamil 16,6 persen, Sandiaga Uno, AHY, dan seterusnya. Yenny Wahid masih cukup jauh, termasuk juga nama baru Nazarudin Umar,” ucap dia.

Baca Juga: Survei Gerindra di Bawah PDIP, Prabowo: Itu Hanya Parameter

2. PAN dorong Erick Thohir jadi cawapres

Survei LSI: Erick Thohir Cawapres dengan Elektabilitas TertinggiKetua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan bersama petinggi PAN dan kader PAN mendaftarkan bacaleg ke KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, yang hadir dalam rilis survei tersebut menyambut baik hasil survei Erick Thohir yang menduduki posisi pertama sebagai cawapres pilihan masyarakat.

Eddy menuturkan, PAN konsisten mengusung Erick Thohir sebagai cawapres pada Pilpres 2024.

“Tanggapan saya bahwa silakan capres-capres beliau untuk bisa mengambil cawapres yang diajukan oleh PAN yaitu Mas Erick Thohir,” tutur Eddy.

Baca Juga: Survei: Prabowo Unggul di Pemilih yang Percaya TNI dan Presiden

3. Survei digelar 1 sampai 8 Juli 2023

Survei LSI: Erick Thohir Cawapres dengan Elektabilitas TertinggiIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui, survei tersebut digelar selama periode 1 sampai 8 Juli 2023. Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Survei IPN: Elektabilitas Prabowo Lebih Tinggi dari Ganjar dan Anies

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya