Survei: Prabowo Capres Pilihan Tertinggi Pengguna Facebook dan Pembaca

Pengguna YouTube dan Facebook pilih Prabowo

Jakarta, IDN Times - Direktur CPI LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, mengungkapkan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi salah satu calon presiden (capres) yang lebih banyak dipilih oleh pengguna media sosial. Hal tersebut terekam dalam survei terbaru LSI Denny JA.

Hanggoro menerangkan, capres Partai Gerindra tersebut dipilih oleh mayoritas pengguna media sosial YouTube dan Facebook.

“Publik yang menggunakan YouTube, capres pilihan tertingginya adalah Prabowo. Prabowo dipilih sebesar 44,0 persen, Ganjar 34,6 persen dan Anies 20,6 persen,” kata Hanggoro dalam konferensi pers, dikutip Selasa (11/7/2023).

1. Prabowo terbanyak dipilih pengguna Facebook

Survei: Prabowo Capres Pilihan Tertinggi Pengguna Facebook dan PembacaIlustrasi Facebook (IDN Times/Arief Rahmat)

Hanggoro menjelaskan, masyarakat yang aktif menggunakan media sosial Facebook juga lebih banyak menaruh pilihannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

“Publik yang menggunakan Facebook, capres pilihan tertingginya jatuh kepada Prabowo Subianto mencapai 31,0 persen, Ganjar dipilih sebesar 29,5 persen dan Anies 28,8 persen,” ucap dia.

Baca Juga: Puan Beri Sinyal Prabowo akan Bertemu dengan Megawati

2. Prabowo banyak dipilih oleh pemilih yang gemar baca buku

Survei: Prabowo Capres Pilihan Tertinggi Pengguna Facebook dan PembacaMenteri Pertahanan dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Masjid Istiqlal, Kamis (18/5/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dari laporan yang sama, orang nomor satu di Partai Gerindra itu juga merupakan sosok yang diminati oleh penggemar baca buku, baik sastra maupun non sastra.

Hal itu berbanding terbalik dengan dua nama capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Dari 43,5 persen pemilih, setidaknya yang membaca satu buku dalam satu tahun paling banyak pilihannya jatuh kepada Prabowo,” ungkap Hanggoro.

Publik yang baca buku, capres pilihan tertingginya Prabowo. Prabowo dipilih sebesar 38,9 persen, Anies dipilih 32,9 persen. dan Ganjar dipilih 22,5 persen,

Terakhir, para peminat pembaca buku fisik atau cetak juga secara langsung menjatuhkan pilihan capresnya kepada Prabowo Subianto.

Di kalangan pembaca buku fisik atau cetak, Prabowo Subianto mendapatkan dukungan sebesar 42,6 persen, Anies Baswedan 29,0 persen dan Ganjar Pranowo yang hanya mendapatkan suara sebesar 21,0 persen.

3. Survei digelar 30 Mei sampai 12 Juni 2023

Survei: Prabowo Capres Pilihan Tertinggi Pengguna Facebook dan PembacaIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Untuk diketahui, survei itu digelar 30 Mei sampai 12 Juni 2023. Survei dilakukan secara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia.

"Dengan 1.200 responden, margin of error survei ini sebesar 2,9 persen. Survei dilakukan pada tanggal 30 Mei-12 Juni 2023. Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion," tutur dia.

Baca Juga: Soal Baliho Bergambar Prabowo dan Dirinya, Jokowi Tak Masalah

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya