Survei SRS: Nahdliyin Condong Dukung Prabowo di 2024

Keterpilihan Prabowo di Nahdliyin kalahkan Ganjar dan Anies

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik dan peneliti lembaga Surabaya Research Syndicate (SRS), Edwin Abdul menilai, warga Nahdlatul Ulama (NU) atau yang biasa disebut Nahdliyin terlihat lebih condong mendukung Prabowo Subianto sebagai capres menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu lantaran citra Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut dikenal dekat dengan kiai dan juga ulama NU di Jawa Timur (Jatim).

“Publik NU (Nahdliyin) ini lebih condong ke sana di 2024, ke Prabowo,” kata dia saat dihubungi, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: Jadi Favorit Nahdliyin, Erick Thohir Dinilai Punya Modal di Pilpres

1. Survei: mayoritas Nahdliyin dukung Prabowo

Survei SRS: Nahdliyin Condong Dukung Prabowo di 2024Ilustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Didukungnya Prabowo dari kalangan nahdliyin juga terekam dalam hasil survei SRS. Berdasarkan hasil survei SRS periode 2-11 Agustus 2023, Prabowo menjadi capres yang mengantongi dukungan terbesar dari kalangan nahdliyin.

Capres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) itu berhasil mengantongi dukungan sebesar 41,5 persen. Dukungan itu jauh lebih tinggi dibandingkan yang diraih oleh capres PDIP Ganjar Pranowo dengan 36,5 persen, dan capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yang hanya mengantongi dukungan dari kalangan Nahdliyin sebesar 10,8 persen.

"Dukungan para nahdliyin ini tidak hanya membuat Prabowo unggul dalam simulasi tiga nama namun juga pada simulasi head to head. Secara head to head, Prabowo mengungguli Ganjar di Jatim," ucap Edwin.

Di dalam survei yang sama, Prabowo akan meraup total suara sebanyak 50,2 persen, sedangkan Gubernur Jawa Tengah itu hanya meraup dukungan sebesar 45,6 persen.

“Gap nya lumayan jauh di 50,2 persen Prabowo dan Ganjar 45,6 persen, nah otomatis dari publik Jawa Timur karena pasti, basisnya itu NU dan mencari dukungan lebih besar disana,” ungkap Edwin.

Di sisi lain, adanya dukungan dan kedekatan antara Prabowo dengan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia itu tercermin dari kesiapan Prabowo menjalin kerja sama dengan tokoh NU yaitu Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau biasa disapa Habib Luthfi.

Adapun kerja sama itu adalah dalam rangka gelaran acara bertajuk Muktamar Sufi Internasional atau World Sufi Assembly di Pekalongan, Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada akhir Agustus 2023 mendatang.

Nantinya, di acara terebut akan dihadiri oleh para ulama, rektor universitas, tokoh ormas Islam, pimpinan pondok pesantren dari berbagai macam negara.

Baca Juga: Survei: Masyarakat Jatim Pilih Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo

2. Masyarakat Jatim pilih Erick Thohir jadi cawapres Prabowo

Survei SRS: Nahdliyin Condong Dukung Prabowo di 2024(dok. Humas Prabowo)

SRS juga merekam adanya dukungan masyarakat Jatim, terhadap Menteri BUMN Erick Thohir menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi capres Prabowo Subianto.

Edwin Abdul berdasarkan surveinya, masyarakat Jatim menganggap Erick Thohir sebagai sosok tepat untuk mendampingi Prabowo. Ketum PSSI itu bahkan mengalahkan nama-nama potensial lainnya seperti Menkopolhukam, Mahfud MD dan juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

“Erick Thohir berada di urutan teratas cawapres pendamping Prabowo,” kata Edwin dalam keterangannya, Kamis (17/8/2023).

Dalam paparan survei tersebut, kata Edwin, SRS menemukan Erick Thohir sebagai cawapres ideal untuk Prabowo dengan meraih 20,3 persen dukungan. Raihan Erick Thohir tersebut melesat jauh dibandingkan Mahfud MD dengan 14,6 persen, Gibran Rakabuming Raka 13,2 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 10,5 persen.

3. Survei digelar 2 sampai 11 Agustus 2023

Survei SRS: Nahdliyin Condong Dukung Prabowo di 2024ilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Edwin menuturkan, survei tersebut digelar pada periode 2 sampai 11 Agustus 2023 lalu, dengan jumlah responden sebanyak 1.000 orang.

Metode penarikan sample dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Responden yang dipilih terdiri 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan dengan quality control secara random 20 persen. SRS adalah anggota ASOPI," imbuh Edwin.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Tantangan Gerindra pada 2024: Tarik Suara Nahdliyin dari PKB

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya