Jadi Favorit Nahdliyin, Erick Thohir Dinilai Punya Modal di Pilpres

Erick Thohir dikenal dekat denga PBNU

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai jadi salah satu tokoh yang disukai kalangan warga Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin.

Pengamat Politik dan Guru Besar Universitas Airlangga, Hotman Siahaan menuturkan, posisi Erick Thohir di mata Nahdliyin itu menjadi modal kuat untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mengingat saat ini, nama Erick Thohir digadang-gadang maju sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Baca Juga: Survei: Gus Baha Tokoh NU yang Arah Politiknya Diikuti Warga Jatim

1. Dekat dengan NU jadi modal kuat

Jadi Favorit Nahdliyin, Erick Thohir Dinilai Punya Modal di PilpresLogo NU (twitter.com/nahdlatululama)

Hotman menjelaskan, Erick Thohir merupakan anggota kehormatan Banser NU yang seringkali melakukan berbagai gebrakan dan dianggap berpihak pada Nahdliyin. Salah satunya ialah inisiator Badan Usaha Milik NU (BUMNU).

Modal itu dinilai penting dan jadi pembeda Erick Thohir dibandingkan dengan kandidat cawapres lainnya.

“Artinya itu nilai lebihnya pak Erick Thohir dibandingkan dengan yang lain,” ucap dia dalam keterangannya, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga: Sekjen PAN: Erick Thohir Menu Wajib Pembahasan Pertemuan Partai

2. Erick Thohir dekat dengan pengurus PBNU

Jadi Favorit Nahdliyin, Erick Thohir Dinilai Punya Modal di PilpresPengurus PBNU bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Di sisi lain, Ketua Umum (Ketum) PSSI tersebut memiliki citra positif di kalangan Nahdliyin. Selain menjadi anggota kehormatan Banser NU, Erick Thohir juga didapuk menjadi Ketua Steering Committee (SC) Panitia pada acara Harlah ke-100 NU di Sidoarjo beberapa waktu lalu.

Bersamaan dengan itu, Erick juga mendapat dukungan dari pengurus PBNU untuk menjadi cawapres. 

“Kita lihat saja bagaimana, Ketua PBNU mengendorse, menyatakan simpatinya pada Erick Thohir, termasuk Menteri Agama, sebagai Ketua Banser, kan itu juga bisa jadi keunggulan tersendiri,” tutur dia.

Baca Juga: Elektabilitas Erick Thohir sebagai Cawapres Tinggi, Survei: Efek Bola

3. Erick Thohir dekati Nahdliyin dengan berbagai program

Jadi Favorit Nahdliyin, Erick Thohir Dinilai Punya Modal di PilpresErick Thohir berseragam Banser. (instagram.com/erickthohir)

Oleh sebab itu, Hotman menilai mayoritas Nahdliyin bakal kompak mendukung Erick Thohir maju di Pilpres 2024.

Apalagi, eks Presiden Inter Milan ini dinilai aktif memberdayakan para Nahdliyin melalui berbagai program seperti Santripreneur, Pesantrenpreneur, Pertashop khusus Pesantren, Santri Makmur, Santri Magang, dan Beasiswa Santri.

“Dia kan kalau tidak salah berupaya membangun bisnis atau upaya-upaya warga Nahdliyin, para santrinya, dengan BUMN-nya itu, dia juga berupaya itu,” imbuh Hotman.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya