Tak Hadir Langsung Milad PBB, Begini Pesan Jokowi

Jokowi ingatkan agar jaga kualitas pemilu

Tangerang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak menghadiri secara langsung Puncak Acara Milad sekaligus deklarasi Prabowo Subianto capres Partai Bulan Bintang (PBB) di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (30/7/2023).

Sebelumnya, Jokowi dipastikan diundang dalam acara tersebut. Kendati begitu, Jokowi menyampaikan pesan melalui sebuah video diputar di layar panggung.

"Pertama-tama, saya menyampaikan selamat Milad yang ke-25 kepada ketua umum, dan seluruh jajaran pengurus Partai Bulan Bintang serta kepada seluruh keluarga besar dan kader PBB di mana pun berada," tutur dia dalam video.

Baca Juga: Teriakan Prabowo Presiden Bergema di Puncak Milad PBB

1. Usia PBB dinilai sudah matang sebagai parpol

Tak Hadir Langsung Milad PBB, Begini Pesan JokowiPartai Bulan Bintang (partaibulanbintang.or.id)

Jokowi mengatakan usia PBB yang sudah seperempat abad menandai kematangan dalam berpolitik. Oleh sebanya, dia mengajak agar menjaga kualitas gelaran pemilu pada 2024 mendatang.

"Usia seperempat abad menandai kematangan untuk menjadikan partai yang semakin diperhitungkan di kancah politik nasional dan di tahun pemilu saat ini saya mengajak PBB untuk menjaga kualitas pemilu, kita gelar pesta demokrasi rakyat yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraan," kata dia.

Baca Juga: PBB Bakal Deklarasikan Prabowo Sebagai Capres Hari Ini

2. Jokowi ingatkan agar pemilu jadi ajang adu gagasan

Tak Hadir Langsung Milad PBB, Begini Pesan JokowiIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia juga mengingatkan, kontestasi politik harus jadi ajang adu gagasan. Tradisi semacam itu harus dipertahankan setiap tahun politik.

"Kita jadikan pemilu sebagai ajang adu gagasan dan kontestasi ide. Kita bangun keteladanan dan tradisi politik yang baik dan kita jaga stabilitas politik dan stabilitas keamanan," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Solihin Pure memastikan, pihaknya mengundang Presiden Jokowi dalam acara Milad PBB sekaligus deklarasi Prabowo Subianto sebagai capres.

3. Jokowi senyum manis saat PBB minta restu dukung Prabowo

Tak Hadir Langsung Milad PBB, Begini Pesan JokowiSekjen Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Noor (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Afriansyah Noor memastikan sudah meminta restu dari Jokowi soal arah politik mendukung Prabowo Subianto sebagai capres di 2024.

Dia mengatakan Jokowi memberikan senyum manis saat PBB meminta restu akan segera deklarasi dukung Prabowo.

"Kalau saya secara pribadi sudah bicara sama Pak Jokowi. Bahwa PBB akan mendukung Pak Prabowo sebagai capres dari PBB. Beliau menjawab dengan senyum manis. Jadi Pak Jokowi senyum-senyum saja," kata dia saat ditemui di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB, Jakarta Selatan, Senin (24/7/2023).

Afriansyah mengungkapkan, senyum dari Jokowi itu punya makna yang mendalam. Dia meyakini, Jokowi merestui soal dukungan tersebut.

"Jadi senyum itu maknanya dalam. Insyallah dukungan kami kepada Pak Prabowo akan direstui oleh Pak Jokowi sebagai presiden RI. Dukungan PBB tanpa syarat mutlak dan itu restu dari Jokowi," ucap dia.

Afriansyah juga menjelaskan, dukungan PBB di Pilpres 2024 tersebut karena menilai figur Prabowo sebagai sosok kuat dan pimpinan partai politik.

Prabowo juga dianggap punya kekuatan besar untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Di sisi lain, Afriansyah menilai, kebijakan yang nantinya dibuat Prabowo jika terpilih tentu akan menyejahterakan masyarakat dan membawa pembangunan di Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Jadi kami memberikan dukungan juga bahwa kelasnya pak prabowo ini sudah merupakan pimpinan partai politik, sehingga beliau punya kekutaan besar untuk membuat negara ini lebih baik," kata dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: PBB Dukung Prabowo Jadi Capres, Yusril: Lama Saya Merenungkan Hal Ini

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya