Temani Jokowi Idul Adha, Gestur Prabowo Dinilai seperti Wapres

Jokpro klaim momen itu tanda keduanya bakal pimpin 2024

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Jokpro 2024, Timothy Ivan Triyono menilai keakraban Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menemani Presiden Joko "Jokowi" Widodo seakan menandakan gestur politik tertentu.

Menurutnya, keberadaan Prabowo saat konfrensi pers bersama Jokowi seakan menandakan gestur sosok sebagai wakil presiden. Momen itu terjadi usai keduanya menunaikan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Nazarudin Umar, Minggu (10/7/2022).

"Bahkan, Pak Prabowo loh yang mendampingi Pak Jokowi saat press conference. Ini kan seperti layaknya wakil presiden sedang mendampingi presidennya menjalankan tugas," ujar Timothy dalam keterangan tertulis, Senin (11/7/2022).

Selain Prabowo, tampak pula jajaran di kabinet lainnya, seperti Mensesneg Pratikno, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menkop dan UKM Teten Masduki.

Baca Juga: Jokpro ke Lembaga Survei: Tanya Publik, Setuju Jokowi 3 Periode?

1. Jokpro merasa senang melihat keakraban Jokowi dan Prabowo

Temani Jokowi Idul Adha, Gestur Prabowo Dinilai seperti WapresSekjen Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Timothy Ivan Triyono (IDN Times/Istimewa)

Namun Timothy secara khusus menyoroti momen kebersamaan antara Jokowi dengan Prabowo pada momen Idul Adha tahun ini. Dia menilai, keduanya memang sering menunjukan gestur politik yang sangat akrab.

“Di momen yang berbahagia ini, kami kembali merasa senang ya dengan keakraban yang diperlihatkan Pak Jokowi dan Pak Prabowo," kata dia.

Baca Juga: Prabowo-Surya Paloh-SBY Bersaing Ketat, Sulit Bangun Poros Ketiga

2. Kedekatan keduanya sering diperlihatkan ke publik

Temani Jokowi Idul Adha, Gestur Prabowo Dinilai seperti WapresANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Timothy juga menilai, kedekatan kedunya bukanlah yang kali pertama. Pada Hari Raya Idul Fitri, Jokowi dan Prabowo juga memperlihatkan hubungan kedekatan keduanya.

"Waktu itu saat Idul Fitri juga kita lihat momen serupa, dan hari ini saya rasa semakin dekat dan personal,” kata Timothy.

Baca Juga: Ridwan Kamil Disebut Bisa Dongkrak Elektabilitas Prabowo dan Ganjar

3. Menandakan Jokowi dan Prabowo bakal kembali memimpin di 2024

Temani Jokowi Idul Adha, Gestur Prabowo Dinilai seperti WapresJokowi dan Prabowo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Dia juga menjelaskan, tidak hanya saat salat, keakraban kedua tokoh nampak saat proses konferensi pers. Dari sekian banyak menteri yang hadir, Prabowo yang mendampingi Jokowi ketika melakukan beberapa aktivitas di Masjid Istiqlal.

Oleh sebab itu, gestur politik keduanya dinilai sebagai pertanda bahwa Jokowi dan Prabowo bakal kembali memimpin di kontestasi politik 2024 mendatang.

“Saya melihat ini adalah tanda-tanda bahwa Pak Jokowi akan kembali memimpin di 2024 berpasangan dengan Prabowo Subianto. Bisa kita bayangkan betapa damainya jika kedua sosok ini dapat memimpin Indonesia. Ya saya bisa bilang begitu, karena dari sekian banyak menteri yang hadir hari ini di Istiqlal, kenapa Prabowo mengapit Jokowi saat salat," tutur dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya