Comscore Tracker

10 Agustus Hari Kebangkitan Teknologi Nasional: Ini Sejarahnya

Yuk, tingkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Jakarta, IDN Times - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau HAKTEKNAS diperingati setiap tahunnya pada 10 Agustus. Peringatan ini diadakan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 71 Tahun 1995 tentang Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Tujuan Hakteknas adalah untuk menghargai keberhasilan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Selain itu, peringatan ini dapat membangkitkan inovasi dan kreasi untuk perkembangan bangsa.

Peringatan ini juga menjadi momen untuk menunjukkan hasil karya iptek para komunitas iptek kepada publik dengan sumber daya dari masyarakat. Memiliki sejarah yang cukup panjang, berikut ini sejarah lengkap Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Baca Juga: Telkom Hadirkan Legal Analytics, Dukung Transformasi Digital di Bidang Hukum  

1. Berawal dari penerbangan perdana N-250 Gatotkaca

10 Agustus Hari Kebangkitan Teknologi Nasional: Ini SejarahnyaIlustrasi Pesawat Jet (IDN Times/Aditya Pratama)

Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agstus 1995 di Bandung. Penerbangan pertama tersebut menjadi manifestasi sejumlah ilmuwan Indonesia di bidang teknologi untuk memajukan bangsa.

Jauh sebelum penerbangan N-250, Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) telah berhasil memproduksi pesawat CASA-212, lho. Pesawat ini memiliki kapasitas 12 orang penumpang yang telah mendapatkan lisensi dari Spanyol. 

Demi mengembangkan industri pesawat, Indonesia bermitra dengan perusahaan CASA Spanyol dalam memproduksi pesawat CN-235 dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 35 orang.

2. Keberhasilan pesawat N-250

10 Agustus Hari Kebangkitan Teknologi Nasional: Ini SejarahnyaIlustrasi Pesawat Jet (IDN Times/Aditya Pratama)

Setelah keberhasilan produksi pesawat CN-235 yang berkapasitas 35 penumpang, IPTN lalu mulai merancang dan memproduksi secara mandiri pesawat N-250. Pesawat ini merupakan pesawat komuter turboprop rancangan asli IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia).

Pesawat N-250 memiliki kode N yang memiliki arti Nusantara. Sistem produksi dan desain pesawat ini seluruhnya dikerjakan di Indonesia. Peluncuran pesawat ini berhasil pada N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995.

Demi memajukan teknologi dalam negeri mengenai kebangkitan teknologi, Presiden Ke-2 Indonesia Soeharto menetapkan 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995.

3. Cara memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

10 Agustus Hari Kebangkitan Teknologi Nasional: Ini SejarahnyaIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional dirayakan setiap tahunnya. Pemerintah akan memberikan penghargaan untuk para peneliti yang produktif dan memiliki prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, pemerintah juga memberikan penghargaan untuk akademisi, pemerintah, swasta, komunitas, dan media massa. Peringatan ini akan meningkatkan inovasi dan teknologi kemajuan bangsa Indonesia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nah, itu dia sejarah dan cara memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang diadakan setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan ini menjadi momen bagi putra-putri bangsa untuk selalu memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya