24 Agustus Hari Ulang Tahun TVRI: Begini Sejarahnya

Jaringan televisi skala nasional pertama di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Hari Ulang Tahun TVRI diperingati setiap tanggal 24 Agustus sesuai dengan tanggal kelahirannya, yakni 24 Agustus 1962 (berdasarkan SK Menpen RI No. 20/SK/VII/61). TVRI merupakan salah satu stasiun televisi nasional yang masih eksis hingga saat ini.

Dalam siaran perdananya, TVRI memiliki persiapan rilis selama sepuluh bulan. Stasiun TV ini menempati gedung yang semula Kampus Akademi Penerangan–Departemen Penerangan RI, di Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta. Semua jaringan tayangan TV ini ditayangkan memakai jaringan teresterial.

Tak hanya di Jakarta, TVRI juga melakukan pembangunan secara bertahap, mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Ingin mengetahui sejarah lengkap berdirinya TVRI? Simak penjelasan berikut.

1. TVRI di tahun 1963

24 Agustus Hari Ulang Tahun TVRI: Begini SejarahnyaFoto Para Juru Kamera Tvri Sedang Menjalankan Tugas Peliputan Dalam Acara Ganefo Tahun 1963 (dok. Museum Penerangan Kominfo)

Siaran pertama TVRI dimulai dari tayangan perdana Asian Games ke IV di Stadion Utama Gelanggang Olah Raga Bung Karno. TVRI juga menayangkan pembangunan infrastruktur kawasan kompleks olahraga Senayan dan pembangunan jalan Jalan M.H. Thamrin, Gatot Subroto, Jembatan Semanggi.

TVRI pada tahun 1963 merupakan stasiun TV yang berbentuk Yayasan Televisi Republik Indonesia (TVRI) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 215 Tahun 1963. TVRI masuk ke dalam stasiun TV tertua di Indonesia dan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

2. TVRI di Era Reformasi

24 Agustus Hari Ulang Tahun TVRI: Begini Sejarahnyailustrasi TVRI era reformasi (twitter.com/SonoraFM92)

Saat terjadi ilikuidasi Departemen Penerangan, melalui Keppres No. 355/M/1999 tentang Pembentukan Kabinet Persatuan Nasional, saat Era Reformasi ini status hukum TVRI cukup mengambang.

Pada tahun 1976 TVRI berubah status menjadi UPT (Unit Pelaksana Teknis) di bawah Departemen Penerangan. Setelah itu, TVRI melanjutkan penayangannya dan masih eksis hingga sekarang.

Baca Juga: Wisata Studio Alam TVRI Depok: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburan 

3. TVRI di tahun 2000

24 Agustus Hari Ulang Tahun TVRI: Begini Sejarahnyailustrasi kantor TVRI (dok. Kominfo)

Pada tahun 2000, status TVRI berubah menjadi PERJAN (Perusahaan Jawatan) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 36 Tahun 2000 tentang Pendirian Perusahaan Jawatan Televisi Republik Indonesia tanggal 7 Juni 2000.

Setelah terbitnya peraturan pemerintah, TVRI mendapatkan status hukum sebagai perusahaan jawatan yang menyelenggarakan kegiatan penyiaran televisi sesuai dengan prinsip-prinsip televisi publik, independen, netral, mandiri. Selain itu, program ini tidak sekadar mencari keuntungan.

Siaran TVRI juga menyelenggarakan kegiatan usaha jasa penyiaran publik dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, hiburan, hingga informasi. Seluruh siarannya berada di bawah wajib dipertanggungjawabkan kepada Departemen Keuangan RI.

4. TVRI di tahun 2001-2002

24 Agustus Hari Ulang Tahun TVRI: Begini Sejarahnyailustrasi TVRI 2001 (YouTube.com/RaymondHansen)

Pada tahun 2001, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 64 tahun 2001 tentang Pengalihan Kedudukan, Tugas dan Kewenangan Menteri Keuangan pada Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Jawatan (Perjan) Kepada Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara.

Peraturan tersebut itu membuat TVRI menjadi pembinaan perusahaan jawatan TVRI beralih kepada Menteri Negara BUMN. Status TVRI juga berubah menjadi Perseroan Terbatas (PT) setelah keluarnya Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 2002 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Jawatan (Perjan) Televisi Republik Indonesia menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) pada 17 April 2002.

5. TVRI di tahun 2005-saat ini

24 Agustus Hari Ulang Tahun TVRI: Begini Sejarahnyakantor TVRI (dok. TVRI)

Mulai dari tahun 2005 hingga saat ini, TVRI memiliki status Lembaga Penyiaran Publik. Penetapan ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2005 tentang Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia.

Sebagai lembaga penyiaran televisi, TVRI memiliki tugas untuk memberikan tayangan yang mendidik, informatif, hiburan yang sehat, dan melestarikan budaya bangsa. Semua dilakukan untuk mencerdaskan bangsa.

Itu dia sejarah singkat mengenai Hari Ulang Tahun TVRI dan perkembangannya dari masa ke masa. Hingga saat ini, TVRI masih eksis untuk menayangkan berbagai macam program berkualitas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tayangan untuk Anak-anak, Edukatif dan Seru Abis!

Topik:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya