TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kasus Naik, Los Angeles Kembali Wajibkan Pakai Masker

Mulai berlaku sebelum Sabtu tengah malam

Ilustrasi orang yang memakai masker saat sedang berbelanja. (Pexels.com/Anna Shvets)

Los Angeles, IDN Times - Negara bagian California di Amerika Serikat (AS) telah membuka kembali ekonominya pada 15 Juni dan menghilangkan batas kapasitas, jarak sosial termasuk membebaskan penggunaa masker di kota terbesarnya Los Angeles. 

Namun, pada hari Kamis (15/7/2021) Los Angeles telah mengumumkan akan kembali mewajibkan warga memakai masker karena peningkatan kasus positif.

1. Los Angeles mencatat 1000 kasus baru dalam seminggu terakhir

Ilustrasi virus corona. (Unsplash.com/Fusion Medical Animation)

Dilansir Associated Press, pengumuman masker yang kembali wajib disampaikan oleh Dr. Muntu Davis, petugas kesehatan masyarakat Los Angeles. Perintah kesehatan masyarakat akan mulai berlaku sebelum Sabtu tengah malam. Davis tidak sepenuhnya merinci apa yang akan menjadi beberapa pengecualian untuk aturan masker, tapi orang boleh melepas masker mereka saat makan dan minum di restoran.

Wilayah Los Angeles selama seminggu terakhir telah mencatat lebih dari 1.000 kasus baru setiap harinya. Pada hari Kamis, ada 1.537 kasus baru, dan rawat inap kini telah mencapai 400. Banyak di antara kasus baru adalah varian Delta yang sangat menular yang telah berkembang pesat di California.

Peningkatan saat ini terjadi setelah musim dingin di mana Los Angeles mengalami lonjakan besar dalam infeksi dan kematian, dengan rumah sakit yang dipenuhi pasien COVID-19 dan ambulans yang menganggur di luar, menunggu tempat tidur dibuka.

Saat ini rawat inap di negara bagian California berada di atas 1.700, level tertinggi sejak April. Lebih dari 3.600 kasus dilaporkan pada Kamis, terbesar sejak akhir Februari, tetapi jauh dari puncak musim dingin yang melihat rata-rata lebih dari 40 kasus per hari.

Mengutip The Gurdian,  peningkatkan kasus yang juga menonjol di California terjadi di Santa Rosa, sebuah kota di utara negara bagian itu, setidaknya 59 penduduk di tempat penampungan tunawisma dinyatakan positif minggu ini, setengah dari mereka telah divaksinasi. Sembilan orang telah dirawat di rumah sakit, tapi empat telah dipulangkan.

Baca Juga: Biden Nominasikan Wali Kota Los Angeles Sebagai Dubes India

Dilansir Reuters, kota lainnya di California juga bergulat dengan lonjakan kasus virus corona varian Delta. Pada hari Kamis ibu kota negara bagian itu, Sacramento dan wilayah Fresno merekomendasikan agar masker dipakai di dalam ruangan bahkan oleh orang-orang yang divaksinasi.

"Semua orang, termasuk mereka yang divaksinasi, harus waspada terhadap situasi berisiko tinggi termasuk berada di dalam ruangan, di keramaian, dan di sekitar individu yang tidak divaksinasi dan membuka masker dan mempertimbangkan untuk mengenakan penutup wajah dalam pengaturan ini," kata dokter kesehatan masyarakat Fresno, Dr. John Zweifler.

Awal pekan ini wilayah Yolo di California juga merekomendasikan penggunaan masker di dalam ruangan. Sedangkan di luar California di Springfield, Missouri, anak-anak dan guru diharuskan memakai masker selama sekolah musim panas.

Peningkatan penularan virus corona yang tinggi di banyak negara bagian, termasuk di Missouri, Mississippi, Florida, Nevada, dan Utah.

2. Wilayah lainnya yang juga mewajibkan masker 

Ilustrasi orang yang memakai masker. (Unsplash.com/Julian Wan)

Baca Juga: Los Angeles Clippers dan Milwaukee Bucks Pecah Telur

Verified Writer

Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya