TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

AS Izinkan Pemberian Vaksin COVID-19 untuk Bayi Enam Bulan 

Vaksin yang dipakai adalah Moderna dan Pfizer

ilustrasi vaksin Moderna (gavi.org)

Jakarta, IDN Times - Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC, Rochelle Walensky, menandatangani kebijakan vaksinasi COVID-19 untuk anak di bawah lima tahun.

Langkah ini dilakukan setelah penasihat vaksin untuk CDC memberikan suara bulat, untuk merekomendasikan vaksin Moderna serta Pfizer agar bisa diberikan kepada bayi minimal berusia 6 bulan.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Jatuh saat Bersepeda: Saya Baik-baik Saja

1. Presiden Joe Biden mendukung keputusan ini

Presiden AS Joe Biden (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Presiden AS, Joe Biden, memuji keputusan CDC untuk merekomendasikan vaksin COVID-19 bagi anak-anak di bawah lima tahun.

“Hari ini adalah langkah maju yang monumental dalam perjuangan bangsa kita melawan virus, dengan hampir setiap orang Amerika sekarang memenuhi syarat untuk perlindungan dengan menerima vaksin COVID-19,” kata Biden, dikutip dari CNN, Senin (20/6/2022).

“Untuk orang tua di seluruh negeri ini, ini adalah hari yang melegakan dan patut dirayakan karena anak-anaknya akan terlindungi dari virus COVID-19,” lanjut Biden.

2. Syarat vaksin untuk anak dibawah lima tahun

Proses pembuatan vaksin COVID-19 oleh Pfizer (Facebook.com/Pfizer)

Sementara itu, ketentuannya adalah dua dosis vaksin Moderna untuk bayi usia enam bulan hingga lima tahun, dan tiga dosis vaksin Pfizer untuk bayi enam bulan hingga empat tahun.

“Kami akan memantau karena vaksin mulai Senin (20/6/2022), akan dikirim ke klinik, apotek dan peraturan untuk bisa menerima vaksin akan tersedia di vacinnes.gov,” kata Kevin Chatham-Stephens, kepala dokter vaksin anak saat mengadakan pertemuan dengan CDC.

“Orang tua dan pengasuh dapat menghubungi dokter anak atau dokter keluarga untuk menanyakan vaksin apa yang tersedia mulai Senin nanti,” tutur dia.

Baca Juga: Amerika Serikat Sebut Rusia Coba Mengintimidasi Medianya 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya