TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Angkatan Darat AS Pecat Personel Militer yang Tolak Vaksinasi COVID-19

Vaksinasi ibarat urusan hidup dan mati

ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis)

Jakarta, IDN Times – Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) mewajibkan vaksin COVID-19 bagi seluruh personelnya. Melalui seruan yang disampaikan pada Selasa (14/9/2021), siapa pun yang menolak vaksin akan diskors dari ketentaraan, bahkan mungkin diberhentikan.

Dikutip dari kantor berita ANTARA, seruan tersebut keluar setelah Food and Drug Administration (FDA) menyetujui proposal yang diajukan Menteri Pertahanan Floyd Austin, yang mewajibkan seluruh personel aktif menjalani vaksinasi.

Baca Juga: Militer Latvia Gelar Latihan Tembak di Pusat Kota, Dikecam Warga!

1. Tentara yang menolak vaksin bisa dipecat

Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Angkatan Darat telah mewajibkan suntik vaksin sejak akhir Agustus. Tentara hanya dapat meminta pengecualian karena alasan medis, agama, atau administrasi.

Namun, para komandan, sersan mayor, sersan satu, dan perwira di posisi Daftar Seleksi Komando yang menolak vaksin dan personel yang tidak meminta pengecualian, akan menghadapi skors atau dibebastugaskan jika mereka menolak mematuhi perintah tersebut.

"Meskipun tentara yang menolak vaksin akan dinasihati lebih dulu oleh rantai komando dan petugas medis mereka, kegagalan mematuhi (perintah ini) dapat mengakibatkan hukuman administratif atau nonyudisial, termasuk dibebastugaskan atau dipecat," kata Panglima Komando Medis Angkatan Darat AS, Raymond Scott Dingle.

Baca Juga: Dituding Merampok, 3 Personel Militer Bolivia Ditahan Chile

2. Vaskinasi disebut sebagai persoalan hidup dan mati

ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Selain itu, Dingle turut menekankan urgensi vaksinasi di tengah pandemik COVID-19.

"Ini benar-benar masalah hidup dan mati bagi tentara kita, keluarga mereka, dan komunitas tempat kita tinggal," ujar Dingle, seraya mengutip kekhawatiran terhadap penyebaran varian Delta yang sangat menular.

Baca Juga: Kolombia Kecam Tewasnya Petinggi Militer di Venezuela

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya