TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Media Asing Sebut Prabowo Tokoh Penting di Balik Normalisasi RI-Israel

Prabowo disebut gunakan food estate untuk normalisasi

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika menghadiri rapat di DPR pada 2019 lalu (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta, IDN Times – Media The Jerusalem Post menyebut hubungan Israel-Indonesia semakin dekat sepanjang 2021. Salah satu momen yang merekatkan hubungan kedua negara adalah kerja sama pertanian, yang andil pentingnya diperankan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melalui proyek food estate.

Prabowo sempat bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional, Eyal Hulata, pada sebuah konferensi di Manama November lalu. Dia juga bertemu dengan kuasa usaha Israel di Bahrain, Itay Tagner.

Setelah foto pertemuan itu diunggah, Prabowo mengatakan bahwa kedua negara tidak dilarang untuk berkomunikasi demi kepentingan nasional, sekalipun Indonesia-Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi.

Baca Juga: Ini Alasan Prabowo Bersedia Disuntik Booster Vaksin Nusantara

Baca Juga: Wacana RI-Israel Buka Hubungan Diplomatik, Ini Kata Dubes Palestina

1. Jokowi tunjuk Prabowo untuk tangani food estate

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika memberikan penghormatan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Merauke, Papua (www.instagram.com/@prabowo)

Belum lama ini, pejabat diplomatik Amerika Serikat (AS) mengatakan, Menteri Luar Negeri Antony Blinken meyinggung isu normalisasi Indonesia-Israel ketika berkunjung ke Jakarta.

"Prosesnya panjang. Ada pertemuan yang direncanakan, ada pula yang tidak,” kata pejabat itu, seraya mengatakan bahwa salah satu pertemuan yang tidak terduga adalah pertemuan soal kerja sama pertanian.

Pada Juli 2020, Presiden Joko “Jokowi” Widodo menunjuk Prabowo sebagai lead project untuk membangun food estate dengan target 178 ribu hektare. Sorotan media Israel kepada Prabowo tidak lepas dari keputusannya pada Oktober lalu, untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden Indonesia pada 2024.  

The Jerusalem Post juga menyebut Prabowo memiliki visi yang sama dengan pemimpin Arab lainnya, yaitu menormalisasi hubungan dengan Israel agar memiliki hubungan yang lebih baik dengan Washington.

Di bawah rezim mantan Presiden AS Donald Trump, Indonesia menjadi negara muslim yang disasar untuk normalisasi hubungan dengan Israel. International Development Finance Corporation AS juga menjanjikan menggandakan investasinya di Indonesia, syaratnya adalah membuka hubungan diplomatik dengan Israel

2. Pertanian bisa menjadi kesempatan bagus untuk normalisasi hubungan

Jokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Shmuel Friedman, konsultan dan penasihat senior mantan Menteri Pertanian Israel Yair Shamir, telah bekerja di pusat penelitian dan pengemangan pertanian di Indonesia. Salah satu mitra dalam proyek itu, yang melibatkan pengetahuan pertanian Israel, adalah Prabowo.

“Ketahanan pangan bagi suatu bangsa tidak kalah pentingnya dengan ketahanan (dalam artian keamanan). Dan menurut saya, dia (Prabowo) sangat setuju dengan hal itu. Itulah yang kami tahu isu ini bisa dibawa (untuk merekatkan hubungan kedua negara),” ujar Friedman.

Friedman mengatakan, dia mengetahui pembicaraan normalisasi antara Yerusalem dan Jakarta, tetapi tidak terlibat di sisi politik.

“Saya percaya bahwa hubungan antar negara perlu dimulai dari sana, dengan ketahanan pangan. Bukan dengan senjata, tapi dengan makanan,” tambahnya.

Baca Juga: Israel Diduga Persenjatai Lumba-Lumba untuk Gempur Hamas

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya