Wacana RI-Israel Buka Hubungan Diplomatik, Ini Kata Dubes Palestina

Ini juga harapan Palestina kepada RI sebagai Presiden G20

Jakarta, IDN Times – Duta Besar Palestina untuk RI, Zuhair Al Shun, meyakini Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Pernyataan itu merupakan tanggapan atas wacana pembukaan hubungan diplomatik usai kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken ke Jakarta.

“Sebagaimana yang saya pahami dan yakini, Indonesia tetap pada posisi yang tidak mendukung (hubungan diplomatik) selama Palestina di bawah kependudukan,” kata Zuhair dalam perayaan ulang tahun ke-57 Hamas di Kedutaan Besar Palestina di Indonesia, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Gus Yahya: Kemerdekaan Palestina Mandat Kemanusiaan

1. Zuhair duga wacana itu digulirkan oleh pihak tertentu

Wacana RI-Israel Buka Hubungan Diplomatik, Ini Kata Dubes PalestinaKetua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf dalam acara ulang tahun Fatah ke-57 (IDN Times/Vanny El Rahman)

Zuhair menyebut wacana itu dilemparkan oleh pihak-pihak yang berharap Indonesia membangun hubungan diplomatik dengan Israel.

“Kalaupun (wacana) itu benar, itu adalah siasat AS yang berkepentingan dengan Israel,” ujar dia.

Baca Juga: Kisah Warga Palestina: Rumah Kami Dikepung Tentara Israel Tengah Malam

2. Harapan kepada Indonesia sebagai Presiden G20

Wacana RI-Israel Buka Hubungan Diplomatik, Ini Kata Dubes PalestinaDubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun (IDN Times/Vanny El Rahman)

Zuhair berharap masa Presidensi G20 Indonesia akan dimanfaatkan seluruh forum internasional untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“G20 pasti digunakan Indonesia untuk membicarakan soal kemerdekaan Palestina, dalam forum regional, internasional, atau bilateral. Palestina akan selalu menjadi isu diplomasi Indonesia dan saya tidak ada keraguan terhadap hal itu,” harap Zuhair.

“Kami berharap keterlibatan (Indonesia) yang lebih untuk perdamaian,” sambung dia.

3. Kemlu tegaskan tidak ada diskusi soal normalisasi Indonesia-Israel

Wacana RI-Israel Buka Hubungan Diplomatik, Ini Kata Dubes PalestinaIlustrasi Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (IDN Times/Fitang Budhi Aditia)

Dikonfirmasi terpisah, Direktur urusan Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI, Bagus Hendraning Kobarsyih, menegaskan tidak diskusi resmi yang membahas normalisasi hubungan Indonesia-Israel.

“Gak ada diskusi. Prinsip masih sama, selama Palestina di bawah pengusaan Israel, sampai kapanpun gak ada toleransi. Indonesia tetap mendukung perjuangan Palestina dan Indonesia mematuhi parameter internasional, salah satunya adalah two-state solution dengan Yerusalem timur sebagai ibu kota Palestina,” kata Bagus.

Baca Juga: Emma Watson Dukung Palestina, Cibiran Israel: 10 Poin untuk Gryffindor

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya