Daftar Negara yang Tutup Akses bagi Pesawat Rusia, Terus Bertambah!

Ini salah satu bentuk sanksi lagi dari dunia bagi Rusia

Jakarta, IDN Times - Sejumlah negara di Eropa pada Minggu mengumumkan akan menutup wilayah udaranya bagi pesawat-pesawat Rusia. Hal ini dilakukan sebagai respons atas invasi Rusia terhadap Ukraina sejak Kamis (24/2/2022).

Berbagai kecaman hingga sanksi dialamatkan dunia kepada Rusia atas aksi yang disebut Putin "operasi militer belaka" itu. Salah satunya adalah menutup akses udara bagi maskapai penerbangan Moskow.

Negara mana saja yang telah bergabung dalam solidaritas untuk menutup akses itu dalam rangka menyerukan protes terhadap perang yang dilancarkan Rusia?

Baca Juga: MU Hentikan Kerja Sama dengan Maskapai Rusia Gara-gara Perang

1. Finlandia

Finlandia sedang bersiap menutup wilayah udara mereka, dilansir NDTV. Menteri Transportasi dan Komunikasi Timo Harakka menyampaikan hal itu di akun Twitternya pada Minggu (27/2/2022), meski tidak menyebut kapan pemberlakuan resminya.

Kemungkinan aksi balasan Rusia akan sangat merugikan maskapai Finlandia, Finnair, yang strategi utamanya adalah terbang dari Eropa menuju Asia melalui Rusia.

2. Belanda

Belanda juga akan mengikuti jejak negara lain di Eropa mulai Minggu malam, dilansir Reuters.

Dalam cuitan Twitternya, Menteri Infrastruktur Mark Harbers mengatakan, "Tidak ada tempat di wilayah udara Belanda untuk rezim yang melakukan kekerasan brutal dan tidak perlu. Oleh karena itu Belanda bersiap menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia malam ini."

Baca Juga: Rusia-Ukraina Memanas, Ini List Maskapai yang Stop Penerbangan ke Kiev

3. Denmark

Menteri Luar Negeri Denmark Jeppe Kofod mengatakan di Twitter bahwa negaranya juga akan "menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia".

"Pada pertemuan para menteri luar negeri UE hari ini, kami akan mendorong larangan di seluruh UE," kata Kofod, dilansir NDTV.

4. Prancis

Dilansir The Guardian, Menteri transportasi Prancis, Jean-Baptiste Djebbari, mengumumkan larangan terhadap maskapai penerbangan Rusia yang akan mulai berlaku dari Minggu sore.

5. Italia

Kantor perdana menteri Italia mengatakan telah memutuskan untuk menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia per Minggu pukul 15.00 waktu setempat.

"Italia menutup wilayah udaranya ke Rusia," kata juru bicara pemerintah Palazzo Chigi dalam sebuah pernyataan singkat, dilansir thelocal.it.

6. Jerman

The Guardian juga menulis Kementerian Transportasi Jerman memberlakukan pembatasan serupa pada Minggu sore. Pembatasan akses itu berlaku selama tiga bulan.

Hal itu juga disampaikan oleh Menteri Transportasi Jerman Volker Wissing dalam cuitan d akun Twitter pribadinya.

6. Lituania

Sebelumnya, Lituania juga sudah mengumumkan hal serupa pada Sabtu (26/2/2022).

Lituania adalah rute terpendek dari daratan Rusia ke eksklave Kaliningrad, terjepit di antara anggota NATO, Lituania dan Polandia di pantai timur Laut Baltik. Larangan itu akan memaksa penerbangan Rusia untuk mengambil jalan memutar yang lebih lama melalui Laut Baltik.

"Tidak ada penerbangan untuk pesawat agresor di langit kebebasan," Perdana Menteri Lithuania Ingrida Simonyte mentweet setelah pertemuan pemerintah, Sabtu, dilansir Reuters.

Negara-negara lain

Mereka bergabung dengan daftar panjang negara di seluruh benua yang telah mengumumkan penutupan serupa terhadap maskapai Rusia. Negara-negara yang sudah lebih dahulu mengumumkan penutupan akses itu adalah:

  • Latvia
  • Inggris
  • Irlandia
  • Polandia
  • Bulgaria
  • Rumania
  • Slovenia
  • Republik Ceko

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya