6 Orang Tewas Akibat Jet Pribadi Jatuh di Lapangan California

Pesawat terbakar setelah jatuh menabrak lapangan

Jakarta, IDN Times - Enam orang tewas setelah pesawat jatuh di atas lapangan California selatan pada Sabtu (8/7/2023) pagi. Pesawat itu terbakar sebelum para petugas datang ke lokasi kejadian.

Pesawat itu jatuh di dekat bandara di Kota Murrieta, California, di daerah Riverside barat daya. Penerbangan jet pibadi itu berasal dari Bandara Internasional Harry Reid di Las Vegas. 

1. Pilot sempat membatalkan upaya pendaratan pertama

Keenam penumpang dinyatakan tewas di tempat kejadian. Identitas mereka yang tewas dalam kecelakaan itu belum dirilis oleh kepolisian setempat. 

Data radar dari situs pelacakan penerbangan FlightAware menunjukkan hanya satu jet bisnis yang melakukan perjalanan dari Las Vegas ke French Valley pada saat itu. Pesawat sempat berputar sekali di dekat lapangan sebelum akhirnya turun menuju lapangan. 

Pilot pesawat sempat membatalkan upaya pendaratan pertama karena visibilitas yang buruk. Pada akhirnya, sang pilot memutuskan berputar kembali untuk mencoba pendaratan kedua kalinya, dikutip dari The Guardian

Baca Juga: Kesal Direcoki soal Anak, Pria India Bunuh Tetangganya dengan Palu

2. Penyebab kecelakaan pesawat masih diselidiki

6 Orang Tewas Akibat Jet Pribadi Jatuh di Lapangan CaliforniaIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Butuh lebih dari satu jam untuk memadamkan api bagi para petugas.

Pesawat yang dapat menampung hingga 13 orang itu keluar dari landasan pacu yang direncanakan, kata Elliott Simpson, seorang penyelidik National Transportation Safety Board.

"Sebagian besar pesawat, kecuali bagian ekor, habis terbakar," kata Simpson, dilansir ABC News.

Penyelidik juga menyatakan bahwa para korban semuanya merupakan orang dewasa. 

Petugas akan meninjau rekaman antara pilot dan pengawas lalu lintas udara untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Sejauh ini, terdapat dugaan bahwa pilot salah dalam menghitung titik ketinggian untuk mendarat.

3. Ada kecelakaan sejenis

6 Orang Tewas Akibat Jet Pribadi Jatuh di Lapangan CaliforniaIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Petugas setempat mengatakan, terdapat kabut tebal menyelimuti daerah itu pada Sabtu (8/7/2023) pagi. Hal ini mungkin menyebabkan pesawat kehilangan landasan beberapa ratus meter.

Insiden ini merupakan kecelakaan fatal kedua di dekat bandara French Valley di daerah Riverside. Sebelumnya, satu orang tewas dan tiga lainnya luka-luka ketika sebuah pesawat menghantam sisi bangunan di dekat bandara pada 4 Juli 2023 lalu. 

Pilot yang mengemudikan Cessna 172 diidentifikasi sebagai Jared Newman yang berusia 39 tahun, dinyatakan meninggal di tempat kejadian. Sedangkan, tiga penumpang lainnya yang masih di bawah umur dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga: Pemuda India Dipukuli hingga Dipaksa Jilati Kaki di dalam Mobil

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya