Estonia Gagalkan Serangan Hybrid Rusia, 10 Orang Ditangkap

Buar relasi Estonia-Rusia makin panas

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas, mengungkapkan bahwa Badan Keamanan Internal (ISS) berhasil menggagalkan serangan hybrid yang diduga dari Rusia, pada Selasa (20/2/2024). Ia menyebut ini adalah upaya Moskow untuk menyebarkan ketakutan di Estonia. 

Beberapa hari terakhir, relasi Rusia-Estonia terus menegang di tengah masuknya Kallas dan sejumlah pejabat dalam daftar buronan Moskow. Kallas pun menekankan tak takut atas keputusan itu dan menyebut tidak ada konsekuensi langsung atas langkah Rusia tersebut. 

Baca Juga: Rusia Tuduh Ukraina Beri Racun Pemimpin di Luhanks dan Kherson

1. Kallas sebut Rusia berniat ciptakan ketakutan di Estonia

Kallas menekankan, ISS berhasil mengungkap kasus operasi hybrid Rusia untuk merusak properti dan monumen penting di Estonia. Bahkan, terdapat upaya serangan kepada mobil Menteri Dalam Negeri Lauri Laanemets dan editor kepala Delfi Andrei Sumakov.

"Kami tahu bahwa Kremlin berusaha menargetkan semua masyarakat demokratik di negara kami. Jawaban kami: buka semuanya dan ungkapkan semua metode yang hendak mereka terapkan di Estonia," tutur Kallas. 

Dilaporkan Politico, Jaksa Agung Estonia Triinu Olev mengatakan operasi ini berhasil menangkap 10 orang, yang merupakan warga negara Rusia dan Estonia, serta terdapat orang dengan kewarganegaraan ganda Rusia-Estonia. 

Mendengar kabar ini, Kementerian Luar Negeri Estonia mengumumkan akan memanggil diplomat Rusia untuk memberikan penjelasn soal serangan ini. 

2. ISS sebut pelaku pernah terlibat kasus kriminal di Estonia

Estonia Gagalkan Serangan Hybrid Rusia, 10 Orang DitangkapMiliter Estonia (twitter.com/kaitsemin)

Kepala ISS Margo Palloson menekankan bahwa operasi Rusia ini ditujukan untuk menyebarkan ketakutan dan kekhawatiran di dalam masyarakat Estonia. Namun, ia meyakinkan bahwa Rusia gagal melakukannya. 

"Ini adalah perluasan tren bahwa agen khusus Rusia dan China yang mendekati masyarakat Estonia melalui media sosial. Disetujui pula bahwa mereka merencanakan serangan di beberapa tempat. Bayaran yang mereka dapatkan tidak besar dan sama sekali tidak sebanding dengan risikonya," terangnya, dilansir ERR.

"Kami berpesan kepada semua orang yang ingin melawan Estonia: cepat atau lambat kami akan menangkap orang yang hendak mengancam keamanan Estonia. Rusia sama sekali tidak peduli dengan nasib pelaku, mereka hanya digunkan sebagai alat dan konsekuensinya ditanggung pelaku," sambungnya. 

Palloson mengungkapkan bahwa pelaku sudah pernah terlibat kasus kriminal di Estonia dan sudah pernah ditangkap pada Desember hingga Februari. Bahkan, kasus terbaru dilakukannya pada pekan lalu. 

Baca Juga: PM Estonia Tidak Takut Dijadikan Buronan di Rusia

3. Kallas minta perampasan aset Rusia dilakukan sebelum pilpres AS

Estonia Gagalkan Serangan Hybrid Rusia, 10 Orang DitangkapPerdana Menteri Estonia, Kaja Kallas saat mengahadiri pertemuan. (twitter.com/kajakallas)

Pada Senin (19/2/2024), PM Kallas mengatakan bahwa Barat harus menyita semua aset Rusia sebelum pemilu di Amerika Serikat (AS). Ia berpendapat bahwa pilpres adalah masa-masa kritis dan krusial di suatu negara. 

"Pemilu adalah waktu ketika terjadinya turbulensi. Maka, lebih baik melakukan semua yang bisa dilakukan sebelum pemilu penting itu diselenggarakan," ujarnya, dilansir Ukrinform.

Ia berpendapat bahwa penyitaan aset Rusia ini adalah kesempatan untuk menekan dan mengisolasi Moskow secara ekonomi dan politik. Selain itu, cara ini menjadi langkah membantu Ukraina dari segi militer. 

Direktur Jenderal Badan Intelijen Asing Estonia (VLA) Kaupo Rosin menyebut Rusia kemungkinan akan ikut campur dalam pemilu AS. Moskow diperkirakan akan mencoba mempengaruhi hasil pilpres dengan segala cara. 

Baca Juga: Pengadilan Rusia Jatuhi Hukuman Penjara ke 154 Pendukung Navalny

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya