Comscore Tracker

Jerman Minta Izin Argentina Buka Rute ke Kep. Falkland

Sebut akui Kepulauan Falkland sebagai milik Argentina

Buenos Aires, IDN Times - Maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa mengajukan izin penerbangan menuju Kepulauan Falkland kepada Argentina. Namun pihak Argentina menganggap kabar ini sebagai bentuk pengakuan Jerman atas kepulauan terluar Inggris tersebut sebagai wilayahnya. 

Selama ratusan tahun Kepulauan Falkland atau Malvinas menjadi wilayah sengketa antara Argentina dan Inggris. Bahkan meski sudah selesainya Perang Falkland pada tahun 1982, Argentina masih mengklaim kepulauan tersebut sebagai wilayahnya. 

1. Adanya permintaan izin penerbangan Lufthansa ke Argentina

Pada hari Kamis (22/01) maskapai penerbangan asal Jerman, Lufthansa telah meminta izin penerbangan khusus menuju ke Kepulauan Falkland. Dua penerbangan tersebut rencananya digunakan untuk membawa tim ilmuwan dari Hamburg ke Gunung Pleasant di Kepualuan Falkland, serta nantinya akan melanjutkan perjalanan ke Antarktika, dilansir dari Anadolu Agency

Sementara itu, pihak Lufthansa mengatakan pengajuan izin dua penerbangannya kepada Argentina terkait dengan pandemi COVID-19. Hingga harus merubah rute penerbangan yang sebelumnya melalui Cape Town, Afrika Selatan yang kini sedang ditutup untuk sementara. 

2. Sebut Jerman akui Falkland sebagai wilayah Argentina

Baca Juga: Argentina Beri Lampu Hijau Legalkan Aborsi

Melansir dari Reuters, menurut Menteri Luar Negeri Argentina, Felipe Sola menerangkan apabila dua penerbangan khusus Lufthansa tersebut rencananya akan diberangkatkan pada 1 Februari dan 30 Maret 2021. Selain itu, pihak maskapai tengah meminta otoritas penerbangan sipil dan otoritas regional untuk terbang di langit Argentina dan menggunakan bandara di Ushuaia, Patagonia karena tidak bisa mendarat di Kepulauan Falkland. 

Sementara itu, Kedutaan Besar Jerman juga meminta otorisasi dari Angkatan Laut Argentina untuk mendaratkan kapal pemecah es Polarstern agar bisa mendarat di 'Puerto Argentino' yang merupakan sebutan Argentina untuk Port Stanley. 

Atas hal itu, Felipe Sola kemudian mengatakan jika pengajuan izin dari maskapai Lufthansa kepada otoritas Argentina sebagai pengakuan atas kepulauan yang dikuasai oleh Inggris tersebut sebagai milik Argentina, dikutip dari Daily Mail

3. Jerman tak merubah pengakuan kepemilikan Kepualuan Falkland

Mengutip dari Reuters, juru bicara Menlu Jerman mengatakan apabila posisi Pemerintah Federal Jerman atas kepemilikan Kepualauan Falkland tidak berubah. Ia juga mengatakan apabila, "Aktivitas dari perusahaan-perusahaan swasta tidak bisa dikaitkan dengan kebijakan Republik Federal Jerman dan itu tidak akan merubah serta berdampak pada konsekuensi internasional"

Hingga kini Argentina dan Inggris sudah lama berebut kepemilikan dari Kepulauan Falkland, di mana Argentina mengklaim wilayah tersebut sebagai miliknya dengan nama Islas Malvinas. Bahkan pada tahun lalu, Argentina telah memperbarui klaimnya atas kepulauan tersebut dengan menggambar ulang peta atas klaimnya untuk digunakan di sekolah dan melobi PBB, dilaporkan dari Daily Mail

Baca Juga: Jerman Terancam Lockdown Hingga April 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya