Comscore Tracker

Kebakaran Hutan Terjadi di Delta Sungai Paraná, Argentina

Fenomena kekeringan di Amerika Selatan terus berlanjut

Jakarta, IDN Times - Lahan basah di kawasan Delta Sungai Parana tengah dilanda kebakaran hebat sejak pekan lalu. Kejadian ini menyebabkan ribuan hektare lahan basah hangus dilalap kobaran api yang diduga muncul akibat kondisi kekeringan di Amerika Selatan dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara iklim kering yang melanda sebagian besar wilayah Amerika Selatan mengakibatkan Sungai Paraguay dan Parana mengalami pendangkalan. Bahkan, masalah ini sudah berdampak pada terhambatnya arus transportasi barang dan jasa. 

1. Kebakaran melanda pesisir Sungai Parana di Provinsi Santa Fe, Entre Rios dan Buenos Aires

Kebakaran hutan telah melanda beberapa pulau di kawasan Delta Sungai Parana yang terletak di Provinsi Santa Fe dan Entre Rios. Bahkan menurut data dari satelit, menunjukkan beberapa kobaran api juga terlihat pada area yang tak jauh dari ibu kota Buenos Aires. 

Sementara itu, pusat kobaran api terdeteksi berada di Entre Rios, pesisir San Nicolas di Buenos Aires, Kepulauan Predelta dan Medio Parana serta bagian timur pelabuhan kota Santa Fe. Hingga Selasa (31/8/2021) petugas pemadam kebakaran sudah berupaya untuk menjinakkan api, dilansir dari The Rio Times

Sedangkan fokus pemadaman belakangan ini dilakukan di Pulau Lechiguanas, San Nicolas, akan tetapi terdeteksi titik api baru di dekat Villa Constitución. Di lain sisi, pesawat juga sudah diterjunkan untuk membantu memadamkan api pada area yang sulit diakses, dikutip dari Infobae

2. Menghanguskan ribuan hektare lahan basah di Sungai Paraná

Baca Juga: Argentina Tuding Chile Berupaya Caplok Wilayah Maritimnya

Kebakaran hutan kali ini juga sudah menimbulkan gulungan asap tebal hitam di udara dan sudah menyebar hingga beberapa kota seperti Rosario dan San Nicolas yang terletak 300 dan 250 km dari Ibu Kota Buenos Aires. 

Menurut Menteri Lingkungan Argentina, Juan Cabandié mengatakan sejak Selasa, sudah ada 8.600 hektare lahan basah yang hangus terbakar. Ia juga menyebut mayoritas dari api kemungkinan dilakukan dengan sengaja oleh petani dan peternak untuk memperluas area tempat makan ternak. 

Namun Cabandie menyebut situasi di tahun lalu lebih buruk dari sekarang. Pasalnya, sebesar 300 ribu hektare kawasan Delta Sungai Parana hangus terbakar pada 2020 dari luasnya yang mencapai 17.500 km persegi, dikutip dari Associated Press

Sementara dikutip dari Infobae, Badan Penanggulangan Kebakaran Entre Rios menjelaskan jika, "Entah kebakaran ini disebabkan oleh perbuatan manusia maupun alam, tapi konsidi iklim saat ini sangat mendukung penyebaran api yang begitu cepat lantaran adanya kekeringan dan rendahnya curah hujan yang berdampak pada wilayah sekitar Sungai Parana."

3. Sungai Parana alami kekeringan terparah dalam 77 tahun terakhir

Kebakaran Hutan Terjadi di Delta Sungai Paraná, ArgentinaKapal barang yang melintas di Sungai Parana. (instagram.com/rosarioarg_)

Di samping terjadinya kebakaran di kawasan Delta Sungai Parana, beberapa bulan belakangan ini sungai terpanjang kedua di Amerika Selatan itu mengalami penurunan level permukaan air terendah sejak tahun 1944. Padahal sungai itu menjadi kunci utama transportasi komersial dan perikanan serta sumber utama air minum bagi 40 juta penduduk di Argentina, Brasil dan Paraguay. 

Kekeringan di Brasil disebut berdampak pada ketinggian permukaan air sungai ini dan dikhawatirkan akan mengancam keberadaan keanekaragaman hayati endemik di Sungai Parana. Bahkan fenomena ini sudah mengakibatkan turunnya produksi energi hidroelektrik di Argentina dan Paraguay hingga 50 persen. 

Sungai sepanjang 4.880 km itu mengalir dari wilayah selatan hingga tenggara Brasil dan berlanjut ke Paraguay, Argentina hingga bermuara di Rio de la Plata, Uruguay. Namun kekeringan telah membuat rerata debit di Sungai Parana turun dari 17.000 meter kubik per detik menjadi hanya 6.200 meter kubik per detik. 

Sementara pihak aktivis lingkungan menyebut fenomena kekeringan di Amerika Seleatan kali ini semakin memburuk akibat adanya deforestasi dan perubahan iklim global, dilaporkan dari laman BBC.

Baca Juga: Argentina Gugur dari Olimpiade Tokyo, Pemain Brasil Mengejek

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya