Oposisi Magadaskar Gelar Demo Protes Pencalonan Kembali Rajoelina

Situasi politik di Madagaskar kian panas

Jakarta, IDN Times - Ribuan warga Madagaskar menggelar aksi demonstrasi akbar di ibu kota Antananarivo sejak Senin (2/10/2023). Demo itu untuk memrotes pencalonan kembali Presiden Andry Rajoelina. Mereka juga meminta agar diselenggarakan pemilu yang adil dan transparan pada bulan depan. 

Menjelang pilpres, situasi politik Madagaskar dilanda ketegangan setelah keputusan Rajoeline untuk mundur dan mencalonkan kembali. Padahal, Rajoelina diduga memiliki warga negara Prancis, di mana dalam konsitutisi mewajibkan capres berkewarganegaraan tunggal Madagaskar. 

Pada Juni lalu, dalam dokumen yang tersebar di media sosial, Rajoelina disebut resmi mendapatkan status warga negara Prancis pada 2013. Status itu diduga digunakannya untuk mengasingkan diri ke Prancis selama negaranya dirundung krisis politik. 

Baca Juga: 13 Orang Tewas akibat Berdesakan di Stadion Madagaskar

1. Aparat kepolisian semprot kandidat oposisi dengan gas air mata

Demonstrasi di Antananarivo ini diorganisir oleh 11 kandidat presiden oposisi, termasuk mantan Presiden Marc Ravalomanana. Mereka menyerukan kepada seluruh warga untuk menggelar demonstrasi di depan Place du 13 Mai pada pagi hari dalam rangka memrotes situasi politik di Madagaskar. 

Beberapa kandidat presiden oposisi, termasuk Ravalomanana dilaporkan ikut dalam demonstrasi untuk memrotes sikap pemerintah. Namun, mereka harus mundur lebih awal karena aparat kepolisian menembakkan gas air mata ke arah capres oposisi beserta pendukungnya. 

Dilaporkan Africa News, dalam situasi itu, Ravalimanana langsung diarahkan oleh pengawalnya agar menjauh dari tembakan gas air mata. Ia pun dibawa ke lapangan di luar halaman sebuah gedung. 

Aparat kepolisian mengatakan bahwa mereka menembakkan gas air mata karena demonstrasi oposisi tersebut tidak disetujui oleh pemerintah. Pada saat itu, diketahui sudah ada ratusan polisi yang mengamankan aksi demonstrasi. 

Baca Juga: Kepala Staf Kepresidenan Madagaskar Ditangkap di Inggris

2. Kandidat oposisi akan menggelar demonstrasi lanjutan

Pada siang hari, situasi di Antananarivo mulai tenang, tetapi terdapat rumor mahasiswa akan ikut dalam demonstrasi. Alhasil, ratusan polisi sudah disiagakan di area pusat kota untuk menghalangi kemungkinan penumpukan massa. 

Salah satu kandidat presiden, Jean Jacques Ratsietison, mengakui bahwa ia gagal melangsungkan demonstrasi. Namun, ia rencananya akan kembali melakukan aksi protes keesokan harinya. 

"Kami akan meminta pendukung kami untuk berkumpul lagi pada Selasa besok. Kami akan mengadakan protes dengan damai di jalan raya, sampai tuntutan kami didengar," tutur Rarsietson, dikutip RFI.

Sedangkan kandidat lainnya, Hajo Andrianainarivelo berjanji akan terus berjuang sampai diperbolehkan melaporkan kepada konstituen soal keanehan dalam pencalonan Rajoelina dan transparansi dalam proses pemilu. 

3. Rajoelina sebut oposisi sebagai sumber krisis

Oposisi Magadaskar Gelar Demo Protes Pencalonan Kembali RajoelinaPresiden Madagaskar, Andry Rajoelina. (twitter.com/SE_Rajoelina)

Pada Minggu (1/10/2023), Rajoelina mengecam ajakan demonstrasi dari kandidat oposisi untuk memrotesnya. Ia menyebut kesebelas kandidat tersebut merupakan sumber krisis politik baru di Madagaskar. 

"Sejumlah kandidat presiden tidak siap. Maka dari itu, mereka meminta diadakan sebuah transisi. Sebenarnya, tidak ada krisis di Madagaskar. Ini adalah krisis yang diciptakan dari awal," papar Rajoelina. 

"Jika kandidat itu memang cinta Tanah Air, mereka tidak akan melakukan tindakan ini menjelang pilpres. Bukan 10 atau 11 orang yang dapat menghalangi rakyat memilih pada pilpres bulan depan," sambungnya. 

Sebelum itu, oposisi Madagaskar telah mengecam adanya kudeta institusional yang dilakukan oleh Presiden Rajoelina. Pasalnya, rekan dekat kepala negara malah ditunjuk sebagai pemimpin sementara sebelum diadakan pemilu. 

Baca Juga: KBRI Resmikan Kamus Indonesia-Malagasy di Madagaskar

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya