Festival Lampion Taiwan 2024 Siap Manjakan 15 Juta Wisatawan

Festival Lampion Taiwan dibuka 24 Februari sampai 10 Maret

Tainan, IDN Times - Taiwan Lantern Festival atau Festival Lampion Taiwan 2024 resmi dibuka di Kota Tainan pada Sabtu (24/2/2024) malam. Setelah 16 tahun hiatus, akhirnya Tainan kembali memikat perhatian dengan festival yang akan menyuguhkan sekitar 300 lampion mulai 24 Februari sampai 10 Maret mendatang.

Mata pengunjung dimanjakan dengan pijaran cahaya yang warna-warni yang ditata apik dalam dua area utama untuk penyelenggaraan festival yakni di High-Speed Rail Lantern Area dan Anping Lantern Area.

Berada di tengah ratusan pengunjung, IDN Times terpukau saat lampion utama berbentuk naga besar dengan tinggi lebar 18 meter dan tinggi 22 meter yang seketika menyala dan berputar. Tak diduga, lampu yang menghiasi lampion naga ini terus berubah seolah memunculkan berbagai jenis naga. 

Baca Juga: Orange Garden Miaoli Taiwan Suguhkan Sensasi Petik Jeruk, View Ciamik!

1. Naga raksasa sambut pengunjung festival

Festival Lampion Taiwan 2024 Siap Manjakan 15 Juta WisatawanFestival lampion Taiwan 2024. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ada dua jenis naga yakni nama utama diberi nama “Naga Datang ke Taiwan” dan lampion kecil diberi nama “Naga Kecil Bao”. Lampion utama tahun ini tidak hanya dapat berputar pada platform, tetapi juga dapat menggerakkan kaki depannya. 

Dimensi teknis baru dan menarik ini membuat pengunjung datang berdecak kagum. Selain itu, lampion utama tahun ini juga ramah lingkungan, ditenagai energi matahari untuk menggerakkannya. 

Salah satunya Alan, pria yang berasal London ini memang sudah merencanakan mengunjungi Festival Lampion Taiwan. Dia puas dengan pertunjukan yang ditampilkan dalam festival.

"Kita datang dari jauh memang pingin banget lihat lampion festival, dan bagus banget, gak nyesal. Jadi tidak hanya melihat lampion yang, keren, ada banyak pertunjukan akrobatik dari seluruh dunia jadi gak cuma lihat lampion aja. Keren banget pokoknya," ujar Alan yang datang bersama kekasihnya Jennifer.

2. Target 15 juta pengunjung

Festival Lampion Taiwan 2024 Siap Manjakan 15 Juta WisatawanFestival Lampion Taiwan (Dok.Taiwan Tourism Administration)

Direktur Jenderal Tourism Administration of Taiwan, Chung Yung-hui mengatakan sebanyak 220 pengunjung sudah mengunjungi festival lampion pada H-1 atau saat gladi bersih. Dia menargetkan nantinya akan dapat menarik 15 juta pengunjung baik domestik atau mancanegara.

"Festival ini telah diakui oleh Discovery sebagai salah satu festival terbaik dunia. Bahkan dipuji oleh media internasional sebagai Disneyland tanpa roller coaster," tuturnya dalam konferensi pers di ICC Tainan, Sabtu (24/2/2024).

Baca Juga: 5 Kota Terbaik di Taiwan untuk Menikmati Festival Lampion

3. Tawarkan pengalaman tak terlupakan

Festival Lampion Taiwan 2024 Siap Manjakan 15 Juta WisatawanFestival lampion Taiwan 2024. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Bagi para pengunjung internasional, festival ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan menunjukkan paspor mereka, mereka berhak menerima lentera khusus tahun 2024 dan tiket acara gratis untuk menikmati pertunjukan lentera utama. 

"Ini adalah kesempatan langka untuk merasakan keindahan budaya Taiwan yang kaya," katanya.

Sebagai informasi, Taiwan Lantern Festival pertama kali diselenggarakan pada 1990. Media internasional sekaliber CNN dan Discovery Channel menjuluki festival ini sebagai One of The Best Festival in The World dan World Night View Heritage.

Festival lentera menjadi cara warga Taiwan untuk menyambut bulan purnama pertama sesuai kalender China. Adapun lentera merupakan simbol harapan, kejayaan, dan masa depan yang baik.

Baca Juga: COVID-19 Meningkat, Taiwan Batal Gelar Festival Lampion

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya