Bocah 11 Tahun di India Tewas Diserang Macan Tutul saat Ziarah 

Insiden terjadi di suaka margasatwa di Gujarat

Jakarta, IDN Times - Anak perempuan berusia 11 tahun tewas setelah diserang oleh macan tutul di suaka margasatwa di India pada Jumat (24/11/2023). Insiden itu terjadi saat berlangsungnya Girnar Parikrama, yaitu ziarah keagamaan Hindu di sekitar gunung Girnar di distrik Junagadh, negara bagian Gujarat.

Pejabat Konservator Hutan mengatakan, itu adalah pertama kalinya hewan liar membunuh peziarah di tempat tersebut.

1. Korban diserang oleh macan tutul saat pergi untuk buang air

Korban, yang berinisial PS, merupakan penduduk desa Victor di distrik tetangga Amreli. Ia datang bersama keluarganya untuk melakukan parikrama atau mengelilingi tempat suci

Insiden itu terjadi sekitar pukul 6 pagi di dalam Suaka Margasatwa Girnar, ketika korban hendak pergi untuk buang air.

“Dia pergi beberapa meter dari rute Parikrama untuk memenuhi panggilan alam dan diserang oleh macan tutul dan diseret lebih jauh ke dalam hutan. Kerabatnya melihatnya dan meminta tolong,” kata Wakil Konservator Hutan divisi Junagadh, Akshay Joshi, kepada The Indian Express.

"Mereka menemukan anak perempuan itu tergeletak tak bergerak 100 meter dari jalur Parikrama yang ditentukan sekitar jam 8 pagi dengan luka serius di kakinya. Dia dilarikan ke rumah sakit Junagadh, di mana dia dinyatakan meninggal,” tambahnya.

Baca Juga: Pemuda India Bunuh Diri usai Tim Kriket Nasional Kalah di Piala Dunia

2. Macan tutul tersebut telah diamankan

Menanggapi insiden tersebut, Departemen Kehutanan segera memasang kandang di lokasi kejadian dan menjebak macan tutul pada Jumat malam.

Petugas mengatakan, tim penyelamat sempat kesulitan membawa kandang perangkap ke tempat macan tutul menyerang anak perempuan tersebut karena banyaknya pengunjung.

Sementara itu, legislator dari partai yang berkuasa juga telah mendesak menteri untuk membuat peraturan yang diperlukan, demi memastikan insiden serupa tidak terulang, dilansir NDTV.

3. Sebanyak 1,2 juta umat Hindu mengikuti ziarah Girnar Parikrama

Girnar Parikrama diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati Dev Diwali, yaitu kemenangan Dewa Siwa atas iblis Tripurasura. Tahun ini, ziarah dimulai pada Kamis-Senin (23-27/11/2023). 

Diperkirakan, hampir 1,2 juta umat Hindu akan mengikuti parikrama tahun ini dengan berjalan kaki sepanjang 36 km di dalam hutan.

“Arus peziarah sangat besar. Hingga Jumat pagi, 600 ribu peziarah sudah memasuki hutan. Jumlah itu meningkat menjadi sekitar 800 ribu pada pukul 4 sore,” kata Joshi.

Baca Juga: Ogah Tarik Gugatan, Perempuan India Tewas Dibacok oleh Kakak Beradik

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya