Kenapa Elon Musk Aktifkan Kembali Akun Twitter Donald Trump?

Trump telah diblokir dari Twitter selama hampir 2 tahun

Jakarta, IDN Times - Pemilik baru perusahaan sosial media Twitter, Elon Musk mengaktifkan kembali akun Twitter mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump setelah hampir dua tahun diblokir karena dianggap menghasut kekerasan. Akun Trump terpantau muncul kembali di platform tersebut pada Sabtu (19/11/2022).

Keputusan tersebut dilakukan usai Musk membuat polling melalui akun Twitter pribadinya tentang apakah Trump boleh kembali ke platform tersebut atau tidak. Hasilnya, sebanyak 51,8 persen dari 15 juta pemberi suara memilih setuju sedangkan sisanya 42,8 persen menolak.

"Orang-orang telah berbicara. Trump (akun Twitternya) akan diaktifkan kembali. Vox Populi, Vox Dei (suara rakyat, suara Tuhan)" demikian bunyi tweet Musk setelah polling berakhir.

Baca Juga: Elon Musk Akan Cabut Larangan Donald Trump di Twitter

1. Trump menyebut dirinya tidak berniat menggunakan Twitter lagi

Meski akunnya telah kembali, Trump mengungkapkan bahwa ia tidak lagi tertarik menggunakan media sosial Twitter, dilansir Al-Jazeera.

"Saya tidak melihat ada alasan untuk itu," jawabnya saat ditanyai hal tersebut pada rapat tahunan Republican Jewish Coalition.

Trump mengatakan dirinya akan tetap menggunakan Truth Social, aplikasi sosial media baru besutan perusahaan start-up miliknya yakni Trump Media and Technology Group (TMTG). Baginya, aplikasi tersebut punya user engagement yang lebih baik daripada Twitter.

Trump yang mengumumkan dirinya akan maju pada pemilihan Presiden (Pilpres) AS tahun 2024 mendatang juga menilai bahwa Twitter kini mengalami permasalahan yang "luar biasa", termasuk dengan maraknya bots dan akun palsu. Meski begitu, ia tetap memuji sosok pendiri Tesla tersebut dan mengaku selalu menyukainya.

Baca Juga: Donald Trump Ogah Pakai Twitter Lagi Meski Elon Musk Batalkan Larangan

2. Musk mengungkapkan rencananya untuk mengaktifkan kembali akun Twitter Trump sejak enam bulan lalu

Kenapa Elon Musk Aktifkan Kembali Akun Twitter Donald Trump?Donald Trump (instagram.com/realdonaldtrump)

Sebelumnya, wacana pemulihan akun Twitter Trump telah dihembuskan oleh Musk sejak bulan Mei. Ia mengatakan dirinya tidak setuju terhadap kebijakan larangan permanen pada platform tersebut dan juga dapat mengembalikan akun lainnya yang telah dihapus karena melakukan pelanggaran, dilansir CNN.

"Saya kira tidak tepat memblokir Donald Trump; menurut saya itu sebuah kesalahan" katanya.

Kabar tersebut lantas menimbulkan kekhawatiran bagi banyak pengiklan di Twitter. Namun Musk meyakinkan para pengguna dan pengiklan bahwa keputusan itu hanya akan dilakukan dengan pertimbangan oleh dewan moderasi konten yang disebutnya memiliki "sudut pandang beragam". Dia juga menegaskan bahwa Twitter tidak akan mengaktifkan akun yang terblokir sampai ada proses yang jelas.

Baca Juga: Diisukan Beli Twitter karena Didukung Trump, Ini Kata Elon Musk

3. Menjadi salah satu keputusan kontroversial yang dilakukan Musk di Twitter

Kenapa Elon Musk Aktifkan Kembali Akun Twitter Donald Trump?Elon Musk bersama tim Twitter (twitter.com/elonmusk)

Pemulihan akun Trump menjadi salah satu dari serangkaian perubahan besar-besaran yang dilakukan Musk setelah dirinya mengambil alih Twitter pada Oktober lalu. Sebelumnya pada awal bulan November, ia telah memecat para petinggi dan memberhentikan setengah karyawan di perusahaan tersebut.

Dalam hal aplikasi, Musk juga sempat meluncurkan layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna Twitter membeli tanda centang biru, indikator yang sebelumnya disediakan untuk tokoh publik yang diautentikasi.

Layanan ini kemudian dengan cepat disalahgunakan dan digunakan untuk menyamar sebagai orang terkemuka, bisnis, dan lembaga pemerintah. Twitter kemudian menghentikan layanan tersebut namun berencana untuk mengaktifkannya kembali akhir bulan ini.

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya