Masa Penahanan Influencer Andrew Tate Diperpanjang 30 Hari

Ia dan 3 orang lainnya dituduh terlibat perdagangan manusia

Jakarta, IDN Times - Influencer media sosial Andrew Tate akan tetap menjadi tahanan rumah selama 30 hari lagi. Hal itu berdasarkan keputusan pengadilan di ibu kota Rumania pada Selasa (18/7/2023). 

Keputusan di Pengadilan Bucharest itu datang sebulan setelah jaksa secara resmi mendakwa pria berusia 36 tahun itu bersama dengan saudara laki-lakinya Tristan dan dua perempuan Rumania dalam kasus pemerkosaan, perdagangan manusia, dan membentuk geng kriminal untuk mengeksploitasi perempuan secara seksual .

Keempat terdakwa, yang membantah semua tuduhan tersebut, akan tetap menjadi tahanan rumah selama 30 hari lagi.

Baca Juga: Kronologi Influencer Andrew Tate Ditangkap Polisi, Diduga Trafficking

1. Terdakwa kemungkinan akan mengajukan banding

Di luar pengadilan, Tate mengatakan kepada wartawan bahwa busur moral alam semesta pada akhirnya mengarah pada keadilan.

“Saudara laki-lakiku dan aku adalah orang yang sangat ulet. … Pada akhirnya keadilan akan ditegakkan,” katanya pada Senin (17/7/2023), dikutip dari Associated Press.

"Kami merasa semuanya akan berjalan dengan sempurna pada akhirnya, dan sampai saat itu kami akan mengikuti proses peradilan."

Tate bersaudara, yang merupakan warga Amerika Serikat (AS) dan juga Inggris, kemungkinan akan mengajukan banding terhadap putusan hari Selasa. Adapun mereka kehilangan banding terakhir mereka pada 6 Juli terhadap perpanjangan tahanan rumah sebelumnya.

Baca Juga: Rumania Minta Jerman Kirim Pasukan Permanen ke Negaranya

2. Andrew klaim penangkapannya merupakan upaya dari konspirasi politik

Pada Juni, badan kejahatan anti-terorganisir Rumania yang dikenal sebagai DIICOT meminta hakim untuk memperpanjang masa tahanan rumah mereka setelah badan tersebut mengajukan penyelidikan.

Andrew Tate, yang memiliki 7,2 juta pengikut di Twitter, telah berulang kali mengklaim bahwa jaksa tidak memiliki bukti yang memberatkannya dan bahwa ada konspirasi politik yang dirancang untuk membungkamnya.

Sebelum keputusan pengadilan pada Selasa, sebuah postingan muncul di akun Twitternya yang berbunyi: “Ada agen Matrix di semua sisi spektrum politik. Perang didanai. Trump dan saya didanai sendiri. Pada dasarnya semua orang dibeli dan dibayar.”

3. Keempat terdakwa dituduh membentuk kelompok kriminal pada 2021

DIICOT menuduh keempat terdakwa telah membentuk kelompok kriminal pada 2021, untuk melakukan kejahatan perdagangan manusia di Rumania, AS dan Inggris. Menurut DIICOT, ada tujuh perempuan yang menjadi korban dalam kasus ini. Mereka dibujuk dengan cinta palsu dan diangkut ke Rumania, di mana mereka dieksploitasi secara seksual dan mengalami kekerasan fisik.

Seorang terdakwa bahkan dituduh memperkosa seorang perempuan dua kali pada Maret 2022, menurut agensi tersebut. Jaksa penuntut juga mengatakan, perempuan-perempuan itu diduga diintimidasi dan diawasi secara terus-menerus serta diklaim berhutang.

Andrew Tate sebelumnya dilarang dari berbagai platform media sosial terkemuka karena dianggap mengungkapkan ujaran kebencian dan komentar misoginis, termasuk bahwa perempuan harus bertanggung jawab atas pelecehan seksual.

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya