[BREAKING] Presiden Afghanistan Disebut akan Mengungsi dari Kabul

Taliban dikabarkan akan segera memimpin Afghanistan

Jakarta, IDN Times - Presiden Afghanistan Asraf Ghani dan keluarganya disebut bakal mengungsi usai negaranya dikuasai oleh Taliban. Seorang sumber News18 yang dikutip IDN Times mengatakan bahwa Asraf juga mempertimbangkan untuk mundur sebagai salah satu rencana.

"Para pemimpin bertemu karena situasinya sangat buruk. Presiden masih memikirkannya dan ada kemungkinan dia mundur,"  kata sumber kepada News18 yang dikutip pada Minggu (15/8/2021).

Sebelumnya, kabar mundurnya Presiden Afghanistan juga dilaporkan Al Arabiya. Mundurnya Asraf disebut terkait Taliban yang telah menguasai hampir seluruh negeri dan berencana membentuk pemerintahan sementara.

Taliban sudah menguasai seluruh ibu kota provinsi dan hampir seluruh kota besar. Terakhir, Taliban berhasil menduduki Kota Jalalabad yang berlokasi di Timur Afghanistan, Sabtu (14/8/2021).

Dilansir dari France24, Sabtu, dengan jatuhnya Jalalabad, Kabul menjadi kota terakhir di bawah kendali pemerintah, sementara Taliban sudah memasuki pinggiran kotanya. Kejatuhan Kabul ke tangan Taliban diprediksi banyak pihak sejak pasukan Amerika Serikat memilih angkat kaki dari Afghanistan.

Baca Juga: [BREAKING] Ashraf Ghani Dikabarkan Lengser, Afghanistan Dipimpin Taliban

Topik:

  • Anata Siregar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya