2 Helikopter Pemadam Kebakaran California Tabrakan, 3 Kru Tewas

Salah satu helikopter mendarat dengan selamat

Jakarta, IDN Times - Dua helikopter pemadam kebakaran yang sedang menanggapi kebakaran di Los Angeles, negara bagian California bertabrakan pada Minggu (6/8/2023). Insiden itu menyebabkan tiga kru tewas dan kebakaran semakin meluas.

Helikopter yang terlibat dalam kecelakaan itu adalah Sikorsky S-64E dan Bell 407. Pesawat yang jatuh adalah Bell, sedangkan Sikorsky yang lebih besar dengan kedua awaknya berhasil mendarat dengan selamat.

Baca Juga: Australia Duga 4 Kru Helikopter yang Jatuh di Laut telah Tewas

1. Penyebab tabrakan masih diselidiki

2 Helikopter Pemadam Kebakaran California Tabrakan, 3 Kru TewasIlustrasi helikopter pemadam kebakaran. (Pexels.com/Big Dee)

Dilansir CNN, Kepala Region Selatan Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire) David Fulcher, mengatakan helikopter yang mengalami kecelakaan termasuk di antara enam pesawat yang menanggapi Kebakaran Broadway, yang dimulai pada Minggu, dan kemudian menyebar ke vegetasi terdekat di Cabazon, sebuah komunitas di Riverside County sebelah timur Los Angeles.

“Helikopter pertama dapat mendarat dengan aman di dekatnya. Sayangnya, helikopter kedua jatuh, dan tragisnya ketiga anggota tewas," kata Fulcher.

Mereka yang tewas, Kepala Divisi Josh Bischof, Kapten Tim Rodriguez, dan pilot Tony Sousa. Ketiganya adalah korban pertama selama musim kebakaran di California pada 2023.

"Ketika petugas pemadam kebakaran ini pergi bekerja setiap hari, mereka tidak berharap untuk tidak pulang, dan kemarin adalah hari yang sulit," kata Wakil Direktur Komunikasi Cal Fire Nick Schuler.

"Ini adalah peristiwa yang sangat langka, jadi sangat penting bahwa penyelidikan dilakukan secara metodis, tetapi saat ini masih dalam penyelidikan," tambah Schuler.

Juru bicara Penyelidik Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengatakan pihaknya telah menuju ke lokasi tabrakan untuk melakukan penyelidikan.

Baca Juga: 10 Tips Naik Helikopter untuk Pemula, biar Aman dan Nyaman

2. Kebakaran tambahan seluas 1,6 hektar

2 Helikopter Pemadam Kebakaran California Tabrakan, 3 Kru TewasIlustrasi kebakaran hutan. (Unsplash.com/Matt Palmer)

Dilansir Associated Press, petugas Sumber daya Pemadam Kebakaran Riverside County dan Cal Fire dikirim ke lokasi kebakaran struktur di dekat persimpangan Broadway dan South Ronda Avenue di komunitas Cabazon pukul 6 sore lewat, termasuk beberapa pesawat dan helikopter.

“Itu bukan pengiriman biasa untuk kebakaran hutan, untuk mengirimkan sumber daya tersebut,” kata Fulcher.

Cal Fire mengatakan pada awalnya api telah membakar bahan bakar yang mencolok dengan tingkat penyebaran sedang dan telah menyebar ke sekitar 1,2 hektar wilayah.

Kebakaran kemudian meluas setelah kedua helikopter bertabrakan pada jam tujuh malam. Kecelakaan tersebut menyebabkan kebakaran tambahan seluas 1,6 hektar, yang kemudian berhasil dipadamkan.

“Meskipun ini adalah peristiwa tragis, kami juga bersyukur hari ini tidak lebih buruk,” kata Fulcher.

3. Tugas helikopter yang bertabrakan

2 Helikopter Pemadam Kebakaran California Tabrakan, 3 Kru TewasIlustrasi helikopter pemadam kebakaran. (Pexels.com/Tom Shamberger)

Fulcher mengatakan peran Bell dalam menanggapi kebaran adalah sebagai observasi dan koordinasi, sementara Sikorsky digunakan untuk menjatuhkan air atau penahan api.

Kapten Richard Cordova, petugas informasi publik Cal Fire untuk wilayah tersebut, mengatakan helikopter itu dikerahkan saat kondisi bagus untuk terbang. Dia mengatakan misi Bell adalah memberi tahu helikopter di mana harus melakukan penerjunan, bekerja sama dengan awak pesawat yang terbang di atas yang lain. Peran awak udara itu disebut serangan udara.

“Mereka bekerja sama. Serangan udara adalah bos utama di langit dan koordinator helikopter membantu serangan udara dan membantu helikopter," tutur Cordova.

Pilot helikopter yang jatuh terbang di bawah kontrak dengan Cal Fire. Sikorsky dan dua orang awaknya juga terikat kontrak. Lembaga itu mengoperasikan armadanya sendiri yang terdiri dari sekitar 60 pesawat, tapi juga mengontrak perusahaan komersial untuk helikopter dan pesawat tambahan yang bersiaga di pangkalan di seluruh negara bagian.

Cordova mengatakan tabrakan seperti itu jarang terjadi, tapi pernah terjadi selama kebakaran hutan California sebelumnya. Dia mengingat dua kejadian selama beberapa dekade, tapi tidak memiliki rinciannya.

Baca Juga: 6 Orang Tewas Akibat Jet Pribadi Jatuh di Lapangan California

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya