Didakwa Terima Suap Bareng Istrinya, Senator AS Singgung Motif Politik

Dituduh menerima suap dari pengusaha New Jersey

Jakarta, IDN Times - Senator Amerika Serikat (AS) Bob Menendez dan Istrinya Nadine Menendez didakwa menerima suap pada Jumat (22/9/2023). Pasangan ini dituduh menerima suap sebagai imbalan membantu pemerintah Mesir dan menghalangi proses hukum terhadap pengusaha New Jersey, negara bagian yang diwakili Menendez.

Tuduhan tersebut membuat politisi Partai Demokrat itu harus mengundurkan diri sementara waktu dari posisi ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat. Ia sudah pernah tiga kali diselidiki oleh jaksa federal, tapi belum pernah dihukum.

Baca Juga: Senator AS Ingin Pebarui Aturan Pembelian Senjata, Ini Rinciannya!

1. Ditemukan uang yang diduga hasil suap

Didakwa Terima Suap Bareng Istrinya, Senator AS Singgung Motif PolitikIlsutrasi dolar AS. (Unsplash.com/Alexander Grey)

Dilansir BBC, dalam pernyataan dari pengacaranya, Menendez membantah melakukan kesalahan dan mengatakan dia akan membela diri di pengadilan. Dia menganggap tuduhan kepadanya sebagai motif politik.

“Selama bertahun-tahun, kekuatan di belakang layar telah berulang kali berusaha membungkam suara saya dan menggali kuburan politik saya. Sejak penyelidikan ini dibocorkan hampir setahun yang lalu, telah terjadi kampanye kotor yang aktif dari sumber-sumber anonim dan sindiran-sindiran untuk menciptakan kesan tidak pantas yang sebenarnya tidak ada.”

“Saya yakin bahwa masalah ini akan berhasil diselesaikan setelah semua fakta disajikan dan rekan-rekan saya di New Jersey akan melihat apa adanya,” tambahnya.

Pada musim panas tahun lalu pihak berwenang telah menggeledah rumah Menendez dan menemukan bukti yang diduga hasil suap, termasuk uang tunai lebih dari 480 ribu dolar AS (Rp7,3 miliar), yang sebagian besar berada dalam amplop dan disembunyikan di pakaian, lemari, dan brankas. Di rumah itu juga ditemukan mobil Mercedes-Benz,  yang diduga hasil suap dan emas batangan senilai 100 ribu dolar AS (Rp1,5 miliar) di rumah.

Damian Williams, jaksa AS untuk Distrik Selatan New York, mengutip dari situs Menendez, yang merinci batasan kekuasaannya sebagai legislator, termasuk tidak dapat melakukan intervensi dalam kasus pidana, tapi dia mengatakan Menendez justru melanggar.

“Di balik layar, Senator Menendez melakukan hal-hal tersebut untuk orang-orang tertentu, orang-orang yang menyuap istrinya,” kata Williams.

Baca Juga: Dinilai Bahaya, Senator AS Minta Intelijen Selidiki TikTok

2. Pelanggaran yang dituduhkan terhadap senator

Dilansir Reuters, dakwaan ini menuduh Wael Hana pengusaha New Jersey asal Mesir, mengatur pertemuan antara Menendez dengan pejabat Mesir pada 2018. Para pejabat itu meminta Menendez untuk menandatangani bantuan militer yang ditahan Washington karena kekhawatiran pelanggaran kemanusiaan di Mesir.

Sebagai gantinya, Hana, memasukkan Nadine ke dalam daftar gaji perusahaannya yang memiliki hak eksklusif untuk mensertifikasi daging halal yang dikirim AS ke Mesir. Senator tersebut kemudian berusaha membujuk Departemen Pertanian AS untuk tidak mengambil tindakan apa pun yang mengganggu status monopoli perusahaan tersebut.

“Kami masih mengkaji tuduhan tersebut namun berdasarkan tinjauan awal kami, tuduhan tersebut sama sekali tidak berdasar,” kata juru bicara Hana dalam sebuah pernyataan.

Nadine juga dituduh menerima uang tunai 15 ribu dolar AS (Rp230,3 juta) dari dari Jose Uribe, pengusaha New Jersey lainnya untuk membantunya membeli Mercedes Benz. Uang itu diberikan sebagai imbalan setelah suaminya meminta pejabat di kantor jaksa agung New Jersey untuk mengakhiri penyelidikan penipuan terhadap rekanan Uribe.

Senator dari Demokrat itu juga dituduh menerima emas batangan dan uang tunai dari Fred Daibes, seorang pengembang properti dari New Jersey. Imbalan itu diberikan setelah Menendez berusaha mempengaruhi kasus pidana federal di New Jersey terhadap Daibes karena memperoleh pinjaman dengan alasan palsu. Daibes telah mengaku bersalah dan menerima hukuman percobaan.

Menendez, istrinya, dan para pengusaha itu diperkirakan akan hadir di pengadilan federal Manhattan pada 27 September untuk menghadapi tuduhan konspirasi untuk melakukan penyuapan dan konspirasi untuk melakukan penipuan layanan jujur. Pasangan itu juga menghadapi dakwaan konspirasi untuk melakukan pemerasan berdasarkan hak resmi.

3. Diminta mengundurkan diri

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, mengatakan Menendez telah mengundurkan diri untuk sementara waktu dari jabatannya sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat sampai kasusnya diselesaikan.

Peraturan di Demokrat menetapkan, setiap anggota yang dituduh melakukan kejahatan harus menyerahkan posisi kepemimpinannya dan dapat melanjutkan kembali jika terbukti tidak bersalah. Senator Ben Cardin diperkirakan akan mengantikan posisi Menendez, seperti yang dia lakukan setelah Menendez didakwa pada 2015.

Gubernur New Jersey Phil Murphy, seorang Demokrat, serta beberapa pejabat negara bagian Demokrat lainnya dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat AS, meminta Menendez untuk mengundurkan diri dari senat.

“Fakta yang dituduhkan sangat serius sehingga membahayakan kemampuan Senator Menendez untuk secara efektif mewakili rakyat negara bagian kita,” kata Murphr.

Ini bukan pertama kalinya Menendez menghadapi tuduhan suap. Senator, yang menjabat di Kongres sejak 2006, didakwa di New Jersey pada 2015 atas tuduhan menerima suap, termasuk liburan mewah dari seorang dokter mata kaya di Florida. Kasus tersebut berakhir dengan pembatalan persidangan setelah para juri tidak dapat mencapai keputusan dengan suara bulat. Dia juga pernah diselidiki pada 2006.

Baca Juga: Para Senator AS Menganggap Putra Mahkota Arab Saudi Gila dan Bahaya

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya