Perpustakaan di Zambia Larang Pengunjung Berpakaian Mini

Di Indonesia perlu diterapkan juga gak menurutmu?

Lusaka, IDN Times - Bukan hanya tidak boleh berisik, satu universitas terkemuka di Zambia mengeluarkan larangan baru yang anti mainstream di area perpustakaannya. Mereka melarang para pengunjung perempuan untuk mengenakan pakaian mini. Kenapa?

Katanya bikin para pengunjung pria perpustakaan gagal fokus.

1. Ini pengumuman yang ditujukan untuk mahasiswa perempuan. Dilarang ke perpustakaan kalau pakai pakaian mini

Perpustakaan di Zambia Larang Pengunjung Berpakaian Minibbc.com

Diwartakan BBC dan News Vire, Universitas Zambia memasang pemberitahuan di sekitar perpustakaannya, yang meminta para pengunjung untuk berpakaian sopan dan sederhana. Negara Afrika Selatan memang secara kultural konservatif. Namun, mahasiswa di universitas cenderung berpakaian lebih modis.

Dalam pengumuman itu, para perempuan yang berpakaian mini itu telah menjadi perhatian pihak kampus. Mereka menyebutkan pakaian mini dengan pakaian setengah telanjang. Dikatakan, beberapa mahasiswa berpakaian mini yang mengunjungi perpustakaan mengganggu konsentrasi mahasiswa laki-laki.

2. Ini contoh pakaian yang bikin kaum adam gagal fokus kalau di perpustakaan

Perpustakaan di Zambia Larang Pengunjung Berpakaian Minibbc.com

Beberapa mahasiswa perempuan tidak setuju dengan aturan ini. Mereka berpendapat, jika misi mahasiswa datang ke perpustakaan adalah belajar, maka mereka, khususnya mahasiswa pria tidak akan tergoda ataupun gagal fokus karena lekuk tubuh perempuan.

Mahasiswa pria dengan niat belajar justru akan fokus pada buku, bukan pada kaki atau lekuk tubuh perempuan.

3. Mahasiswa pria mendukung langkah ini. Mereka mengaku suka kesulitan konsentrasi belajar jika ada perempuan berpakaian mini di sekitar

Perpustakaan di Zambia Larang Pengunjung Berpakaian Minipoetryfoundation.org

Sementara tidak sedikit mahasiswa pria yang menyetujui langkah itu. Mereka menganggap tubuh perempuan  sangat menarik. Sehingga saat ada perempuan berpakaian mini lalu lalang di sekitar, konsentrasi pria otomatis terpecah.

"Bagaimana bisa konsentrasi belajar ketika seorang dengan rok mini atau gaun ketat berjalan ke sana kemari? Anda akan mulai memikirkan hal lain dan tidak bisa konsentrasi," ujar seorang mahasiswa laki-laki, Killion Phiri.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya