Lee Hsien Akan Temui Jokowi Sebelum Pensiun sebagai PM Singapura

Lee akan ke Indonesia pada Senin (29/4/2024).

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hasien akan bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Indonesia. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menjelaskan Lee akan ke Indonesia pada Senin (29/4/2024).

Sebelum pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, terlebih dulu menghadap Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan Jakarta, pada Jumat (26/4/2024) pagi.

"Inti dari pertemuan baik dengan saya maupun dengan kunjungan kehormatan kepada Bapak Presiden adalah untuk persiapan kunjungan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, ke Indonesia pada Senin (29/4/2024) dalam rangka Leaders Retreat sebagaimana teman-teman tahu, bahwa setiap tahun kita melakukan Leader’s Retreats secara bergantian dan tahun ini adalah tahun di mana Indonesia menjadi tuan rumah," ujar Retno usai di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga: PM Singapura Lee Hsien Loong Mengundurkan Diri, Ini Penggantinya

1. Pertemuan akan digelar di Istana Bogor

Lee Hsien Akan Temui Jokowi Sebelum Pensiun sebagai PM SingapuraMenteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Retno menjelaskan, pertemuan tersebut digelar di Istana Kepresidenan Bogor. Nantinya, Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong juga akan hadir.

Wong akan menggantikan Lee sebagai Perdana Menteri Singapura.

"Menurut rencana, the Prime Minister Lawrence Wong juga akan ikut di dalam delegasi PM. Dalam pertemuan nanti di Bogor biasanya akan banyak sekali isu yang akan dibahas dari masalah ketahanan pangan, mengenai transisi energi, dan tentunya pembangunan di IKN, karena sudah banyak perusahaan-perusahaan Singapura yang menunjukkan interest-nya untuk bekerja sama berinvestasi di IKN, termasuk di bidang transisi energi khususnya untuk tenaga matahari," kata dia.

Baca Juga: Presiden dan PM Singapura Beri Selamat Prabowo Menang Pemilu 

2. Indonesia akan jadi negara terakhir dikunjungi oleh Lee sebelum mengakhiri jabatan

Lee Hsien Akan Temui Jokowi Sebelum Pensiun sebagai PM SingapuraPerdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, saat menghadiri KTT Ke-43 ASEAN yang digelar dari tanggal 5-7 September 2023 di Jakarta, Indonesia. (twitter.com/leehsienloong)

Retno mengatakan, berdasarkan informasi dari Vivian, Indonesia akan menjadi negara terakhir kunjungan kenegaraan Lee Hsien sebelum mengakhiri jabatannya sebagai PM Singapura.

"Menlu Vivian tadi mengatakan, bahwa kunjungan PM Lee ke Indonesia merupakan satu dari kunjungan yang paling terakhir sebelum beliau menyerahkan pemerintahan kepada PM yang baru," kata dia.

Baca Juga: Menlu Singapura ke Jakarta, Tingkatkan Relasi dengan Indonesia

3. Menunjukkan pentingnya hubungan kerja sama Indonesia dan Singapura

Lee Hsien Akan Temui Jokowi Sebelum Pensiun sebagai PM SingapuraMenteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Retno menyampaikan, dengan Indonesia menjadi negara terakhir yang dikunjungi menunjukkan hubungan RI dan Singapura sangat penting.

"Dan ini menunjukkan pentingnya hubungan bilateral antara singapura dengan Indonesia," ucap Retno.

Dalam kesempatan itu, Retno membeberkan inti pertemuan Leader's Retreat. Menurutnya, Lee akan menyampaikan kilas balik 10 tahun kerja sama dengan Indonesia selama menjadi PM Singapura.

"Dari bahasa yang disampaikan adalah Just Celebrated the Relation, tetapi pada saat yang sama adalah untuk memberikan atau memastikan kerja sama makin baik kontinuitas akan ada. Jadi, selain selebrasi juga akan memberikan sinyal adanya kontinuitas sudah baiknya hubungan antara kedua negara," ujar Retno.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya