6 Danau di California yang Dihuni Banyak Ular 

Hanya ada satu spesies ular berbisa di California

Jakarta, IDN Times - California adalah salah satu negara bagian terpopuler di Amerika Serikat (AS) yang paling populer dan berpenduduk. Wilayah yang berjuluk Golden State ini terletak di sisi barat AS, yang berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik.

California memiliki, laut, iklim, dan lanskap yang beragam, termasuk hutan, gurun dan danau yang berkontribusi pada keaneragaman ekologi di negara bagian tersebut.

Meskipun ada sekitar 46 spesies ular di negara bagian California, namun hanya ada satu spesies ular berbisa yang bisa ditemukan di California. Melansir Word Atlas, ada sekitar 3 ribu danau dan waduk bernama di California. Berikut waduk atau danau yang dipenuhi ular di negara bagian California, simak yuk!

1. Danau Machado

6 Danau di California yang Dihuni Banyak Ular ilustrasi potret Danau Machado.(instagram.com/berto2314)

Danau Machado terletak di Harbour City dan sering dikaitkan dengan tingkat polusi yang berat. Banyak juga yang menyaksikan kehadiran aligator dan ulat hitam dalam beberapa tahun terakhir.

Danau Machado memiliki luas sekitar 45 hektare dan telah menjadi tempat pembuangan sampah atau limbah ilegal yang membuat kualitas air menurun. Namun, hal itu tidak mengurangi keberadaan ular di dalam atau di sekitar Danau Machado.

Meningkatnya populasi ular di kawasan danau Machado diyakini karena pemilik hewan tersebut merilisnya di sekitar danau.

Baca Juga: 6 Fakta Condor California, Memiliki Mekanisme Pendinginan Diri Unik

2.  Danau Tahoe

6 Danau di California yang Dihuni Banyak Ular ilustrasi potret Danau Tahoe.(unsplash.com/Jeremy Huang)

Danau Tahoe adalah salah satu danau yang berada di dataran tinggi AS dan yang terbesar. Danau Tahoe memilki kedalaman 6.229 kaki, merupakan danau terdalam kedua di negara tersebut setelah Danau Kawah Oregon.

Danau Tahoe dinikmati karena airnya yang jernih dan panorama pengunungan Sierra Nevada, yang begitu menakjubkan dan memanjakan mata para wisatawan.

Ular berbisa Great Basin dan Wastern Diamondbacak adalah spesies ular berbisa yang patut untuk diperhatikan. Biasaanya, ular tersebut tidak berprilaku agresif saat berada di dalam air.

Ular air biasa dan ular garter adalah dua jenis melata yang tidak mengancam manusia, yang dapat ditemukan para pengunjung di dalam atau sekitar Danau Tahoe.

3. Waduk Lafayette

6 Danau di California yang Dihuni Banyak Ular ilustrasi potret waduk Lafayette.(unsplash.com/Zachariah Smith)

Di Waduk Lafayette pengunjung dapat melihat ular berleher cincin yang sangat sulit untuk ditangkap dan aktif di malam hari. Selain itu, ada juga ular berekor tajam, ular gopher berbintik kuning muda atau berbintik coklat, dan ular raja California.

Spesies di atas tidak berbisa dan sebagian besar tidak berbahaya bagi manusia. Aman juga untukd dipelihara. 

Demi keamanan, para pengunjung waduk harus menjaga diri dari keberadaan ular tersebut agar terhindar dari serangan.

Waduk Lafayette terletak di sebelah barat kota Lafayette dan dibuka sepanjang tahun untuk penggunaan sehari-hari. Biasanya banyak orang di sekitar waduk melakukan joging, piknik, memancing, dan berperahu.

4. Waduk Bear Gulch

6 Danau di California yang Dihuni Banyak Ular ilustrasi potret Waduk Bear Gulch.(instagram.com/larrybauren)

Waduk Bear Gulch terletak di Woodside, California. Danau itu berisi lebih dari 100 juta galon air yang menyediakan untuk kebutuhan 50 ribu penduduk setempat.

Layanan Taman Nasional melaporakan, kawasan Waduk Bear Gulch memiliki 14 spesies ular yang beragam. Beberapa di antaranya adalah ular garter biasa, ular gopher, dan ular derik darat.

Area Waduk Bear Gulch dinamai setelah serangan beruang pada 1850. Waduk Bear Gulch saat ini ditutup untuk umum dan dilarang untuk berenang di sana. Hal itu bertujuan melestarikan populasi yang hampir punah di sekitar waduk, termasuk katak kaki merah California.

Baca Juga: 6 Orang Tewas Akibat Jet Pribadi Jatuh di Lapangan California

5. Danau Folsom

6 Danau di California yang Dihuni Banyak Ular ilustrasi potret Danau Folsom.(unsplash.com/ Simon Hurry)

Danau Folsom adalah reservoir yang dibentuk oleh Bendungan Folsom. Danau itu terletak di Sungai Amerika yang berdekatan dengan kawasan Placer, Sacramento dan El Dorado. Orang-orang pergi ke danau atau tamannya untuk rekreasi, terutama saat musim panas tiba.

Pada sore hari, ular semi-akuatik dapat berenang di sepanjang danau yang hangat.

Salah satu faktor yang memengaruhi populasi ular semiaquatic di Danau Folsom adalah akumulasi puing-puing di danau. Puing-puing itu menyebabkan berkurangnya kedalaman danau dan menjadi tempat persembunyian yang baik untuk ular.

6. Danau Natoma

6 Danau di California yang Dihuni Banyak Ular ilustrasi potret Danau Natoma.(instagram.com/fyschebone)

Danau Natoma berjarak beberapa mil dari hilir Danau Folsom. Danau Natoma memiliki panjang 4 mil, yang berdekatan dengan cagar alam Mississippi Bar. Sebelah Selatan danau berdekatan dengan Pusat Akuatik Negara Bagian Sacramento.

Danau Natoma merupakan magnet lain untuk penggiat olahraga air. Danau Natoma memiliki spesialisasi dalam balapan kru, berlayar, dan mendayung. Ular air selatan yang invasif juga masuk ke dalam wilayah Danau Natoma.

Ular invasif itu telah berbaur dengan populasi ikan dan amfibi lokal yang ada di Danau Natoma. Semua spesies dilindungi dengan adanya larangan kapal motor di kawasan danau.

Baca Juga: Naga Disneyland California Terbakar, Tak Ada Korban Luka

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya