3 Fakta Wabah Demam Berdarah di Bangladesh yang Ribuan Jiwa  

Terparah sejak wabah pertama kali tercatat pada 2000

Jakarta, IDN Times - Wabah demam berdarah yang terjadi di Bangladesh telah merenggut lebih dari seribu korban jiwa sepanjang tahun ini.

Data resmi menunjukkan, setidaknya 1.017 orang telah meninggal selama 2023 dan hampir 209 ribu orang terinfeksi, dilansir Reuters pada Senin (2/10/2023).

Angka kematian saat ini hampir empat kali lebih banyak dibandingkan tahun lalu, saat Bangladesh melaporkan 281 kematian terkait demam berdarah.

Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini disebut sebagai wabah demam berdarah terburuk tahun ini yang melanda Bangladesh. Sebelumnya, demam berdarah merupakan penyakit musiman di negara itu. Namun, karena musim hujan yang lebih panas dan basah akibat perubahan iklim, penyakit ini menjadi lebih sering terjadi sejak wabah pertama kali tercatat pada tahun 2000.

1. Sistem kesehatan di Bangladesh saat ini

Saat ini, rumah sakit sedang berjuang untuk menyediakan ruang bagi sejumlah besar pasien yang menderita demam tinggi, nyeri sendi, dan muntah-muntah. Kesulitan dalam menyediakan ruangan karena penyakit ini menyebar dengan cepat dan sebagian besar fasilitas kesehatan kelebihan kapasitas.

Rumah sakit juga kekurangan cairan infus yang sangat penting bagi pengobatan, karena pasien demam berdarah sering mengalami dehidrasi.

Seorang administrator rumah sakit mengatakan, meskipun pasien dari Dhaka mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir, namun jumlah orang yang dirawat di daerah pedesaan telah meningkat.

Tidak ada vaksin atau obat yang secara khusus yang tersedia di negara itu, guna mengobati penyakit tersebut. Demam berdarah dianggap hal umum dan sering terjadi di Asia Selatan selama musim hujan dari Juni-September.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, infeksi demam berdarah telah dilaporkan di seluruh 64 distrik di Bangladesh.

Baca Juga: 5 Dessert Khas Bangladesh yang Lezatnya Nampol, Yummy!

2. Pandangan para pakar tentang demam berdarah di Bangladesh

3 Fakta Wabah Demam Berdarah di Bangladesh yang Ribuan Jiwa  Ilustrasi bendera Bangladesh. (pexels.com/MD. Ahsan Mahmud)

Lonjakan kasus telah mendorong Bangladesh meluncurkan kampanye anti-demam berdarah, mulai dari meningkatkan kesadaran masyarakat hingga upaya untuk mencegah terbentuknya tempat berkembang biak nyamuk.

Meski begitu, menurut pakar kesehatan masyarakat Mushtaq Hussain, masih banyak yang perlu dilakukan.

"Mereka yang khawatir menganggap penyakit ini mungkin hanya bersifat sementara, dan akan hilang setelah beberapa hari, sehingga tidak ada tindakan efektif atau jangka panjang yang diambil," ungkapnya, dikutip dari BBC.

Sementara itu, Kabirul Bashar, ahli entomologi dan profesor zoologi di Universitas Jahangirnagar mengatakan, kurangnya tindakan pencegahan yang tepat telah memungkinkan nyamuk pembawa demam berdarah menyebar ke seluruh Bangladesh.

"Pada 2000-2018, demam berdarah hanya terjadi di kota Dhaka, namun pada 2019 penyakit ini menular ke kota lain. Tahun ini juga ditransfer ke daerah pedesaan," ungkapnya.

3. Penyakit demam berdarah dan negara tropis

3 Fakta Wabah Demam Berdarah di Bangladesh yang Ribuan Jiwa  Ilustrasi suasana kota Dhaka di Bangladesh. (pexels.com/Ehsan Haque)

Ahli entomologi dan epidemiologi mengatakan, kenaikan suhu dan musim hujan yang lebih panjang memberikan kondisi ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Demam berdarah merupakan endemik di negara-negara tropis. Wabah sering terjadi di daerah perkotaan dengan sanitasi yang buruk, sehingga memungkinkan nyamuk pembawa virus berkembang biak.

Dalam kasus yang parah, demam berdarah menyebabkan pendarahan internal yang dapat menyebabkan kematian.

WHO telah memperingatkan bahwa demam berdarah dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk, seperti chikungunya dan Zika, menyebar lebih cepat dan lebih jauh akibat perubahan iklim, dikutip dari The Straits Times.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Bangladesh, Ada Harimau Langka!

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya