PM Inggris Kunjungi India Pekan Ini, Mau Bahas Apa?

Kunjungan diperkirakan akan berlangsung selama dua hari

Jakarta, IDN Times - Setelah lama tertunda karena pandemi COVID-19, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan mengunjungi India minggu ini. Perjalanan Johnson ke India akan dimulai pada Kamis (21/4/2022) di Ahmedabad, Gujarat, negara bagian kelima terbesar di India.

Inggris ingin memperdalam kemitraan jangka panjangnya guna mencapai perdamaian dan kemakmuran, selain itu kedua negara akan memfokuskan pembahasan pada pertahanan dan perdagangan.

Baca Juga: Dianggap Munafik, PM Inggris Boris Johnson Didesak Mundur 

1. PM Johnson akan bertemu PM Modi

Di Ahmedabad, dia diperkirakan akan mengumumkan investasi besar di industri-industri utama di Inggris dan India, meningkatkan lapangan kerja dan pertumbuhan di dalam negeri, serta kolaborasi baru dalam sains, kesehatan, dan teknologi mutakhir.

Pada lawatannya tersebut, Johnson akan mengunjungi Gujarat dan New Delhi, serta bertemu dengan mitranya, Perdana Menteri India Narendra Modi pada Jumat (22/4/2022) di New Delhi. Kedua negara akan mengadakan pembicaraan soal pertahanan strategis, kemitraan diplomatik dan ekonomi Inggris-India guna memperkuat kemitraan erat kedua negara dan meningkatkan kerja sama keamanan di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Boris Johnson dan Pejabat Tinggi Inggris Dilarang Masuk Rusia

2. Kemitraan strategis komprehensif Inggris-India

PM Inggris Kunjungi India Pekan Ini, Mau Bahas Apa?Ilustrasi bendera Inggris. (Unsplash.com/simon frederick)

Sebelum kunjungannya ke India, Boris Johnson menyinggung tentang ancaman terhadap perdamaian dan kemakmuran kedua negara "dari negara-negara otokratis".

"Sangat penting bagi demokrasi dan persahabatan untuk tetap bersatu," ungkap Johnson sebelum kunjungannya ke India, dikutip dari laman resmi Kantor Perdana Menteri Inggris, Minggu (17/4/2022).

Johnson juga menyebut India sebagai kekuatan ekonomi utama dan demokrasi terbesar di dunia. Oleh sebab itu, India merupakan mitra strategis "yang sangat berharga bagi Inggris di masa-masa yang tidak pasti ini".

"Kunjungan saya ke India akan menyampaikan hal-hal yang benar-benar penting bagi rakyat kedua negara kita, mulai dari penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, hingga keamanan dan pertahanan energi," imbuh Johnson.

Pada 2021, Johnson dan Modi menyetujui Kemitraan Strategis Komprehensif Inggris-India. Kedua pemimpin mengumumkan lebih dari 530 juta poundsterling (sekitar Rp9,9 triliun) investasi ke Inggris.

Baca Juga: Bertemu PM Modi, Biden Minta India Kurangi Impor Migas dari Rusia

3. Inggris bujuk India untuk terapkan sanksi pada Rusia

PM Inggris Kunjungi India Pekan Ini, Mau Bahas Apa?Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss. (twitter.com/trussliz)

Dilansir BBC, Inggris telah berusaha membujuk India dalam mengurangi ketergantungannya pada Rusia, sejak konflik di Ukraina meletus pada 24 Februari silam.

Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss, pada bulan lalu mengunjungi India sebagai upaya untuk membuat India menjatuhkan sanksi yang lebih kuat terhadap Rusia. Selain itu, kunjungan Truss tersebut untuk bekerja sama lebih erat dalam perdagangan, pertahanan, energi, dan ketahanan pangan antara Inggris-India.

Seperti yang diketahui, India merupakan salah satu negara yang tidak mengkritik Moskow secara langsung sejak Invasi Rusia ke Ukraina, serta tidak mengutuk invasi tersebut dalam pemungutan suara PBB mengenai konflik tersebut.

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya