21 Juni Hari Musik Dunia: Ini Sejarah dan Cara Merayakannya

Genre musik kesukaanmu apa, nih?

Hari Musik Dunia diperingati pada tanggal 21 Juni setiap tahunnya. Perayaan ini kerap diinisiasi oleh musisi muda dan musisi amatir yang mempertunjukkan kebolehan mereka.

Hari Musik Dunia merupakan momentum untuk siapa saja bisa memainkan musik favorit mereka di taman atau ruang terbuka untuk dinikmati orang-orang. Kamu juga misa merayakannya dengan membagikan musik favorit, lho!

Baca Juga: 5 Festival Musik Terpopuler di Dunia, Coachella Nomor Satu!

1. Sejarah Hari Musik Dunia

21 Juni Hari Musik Dunia: Ini Sejarah dan Cara MerayakannyaIlustrasi musik (Pixabay)

Hari Musik Dunia pertama kali diadakan pada tahun 1982 di Prancis sekaligus bertepatan dengan perayaan Summer Solstice. Menteri Kebudayaan Prancis saat itu, Jack Lange adalah orang yang memulai Fete de la Musique di Paris.

Selain itu, komposer musik terkenal lainnya turut berperan dalam terciptanya Hari Musik Dunia, salah satunya Maurice Fleuret. Perayaan ini lalu menjadi populer di seluruh dunia.

2. Cara merayakan Hari Musik Dunia

21 Juni Hari Musik Dunia: Ini Sejarah dan Cara MerayakannyaPenampilan Niki Zefanya di Coachella, Amerika (Instagram.com/nikizefanya)

Sejak pertama kali diperingati Hari Musik Dunia di Paris, festival ini lalu menjadi fenomena internasional. Beberapa negara mulai ikut merayakannya seperti India, Italia, Rusia, Australia, Peru, Brasil, ekuador, Meksiko, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Cina, Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Para musisi baru dan juga veteran musik turun ke jalan untuk ‘membuat musik’. Pada Hari Musik Dunia, biasanya banyak konser musik gratis diselenggarakan dan merupakan sebuah keharusan untuk dapat diakses oleh semua orang.

Sehari sebelum perayaan Hari Musik Sedunia, jalanan Paris dipenuhi oleh berbagai suara musik. Acara tersebut kerap mengundang minat turis karena dikemas dengan konsep menarik seperti pesta, parade, pekan raya dan pesta dansa.

Namun, kamu juga tidak perlu repot-repot pergi ke Paris untuk turut merayakan Hari Musik Sedunia. Kamu bisa merayakannya di rumah saja, semisal dengan membagikan musik-musik favorit kamu di media sosial.

Itulah sejarah Hari Musik Dunia yang perlu kamu tahu. Kalau kamu punya cara lain untuk merayakan Hari Musik Dunia, tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Hari Musik Nasional, 10 Lagu Pilihan Jurnalis Musik yang Wajib Dengar!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya