AS Sebut Menhan Rusia ke Korut Minta Senjata Lagi

Senjata ini akan digunakan untuk menyerang Ukraina

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan, pihaknya yakin Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyambangi Korea Utara (Korut) untuk 'mengamankan' pasokan senjata. Blinken menambahkan, Shoigu melakukan kunjungan rutin ke negara sekutu untuk membeli senjata tambahan.

“Kami melihat Rusia mati-matian mencari dukungan, mencari tambahan senjata, di mana pun mereka dapat menemukannya, untuk melanjutkan agresinya ke Ukraina,” kata Blinken, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (29/7/2023).

Baca Juga: Intelijen AS Sebut China Bantu Militer Rusia lewat Pasokan Teknologi

1. AS sebut Korut dan Iran sediakan banyak senjata untuk Rusia

Blinken melanjutkan, para sekutu Moskow seperti Korut dan Iran, tengah menyuplai senjata untuk Rusia.

“Kami melihat bahwa di Korut, di Iran, mereka menyediakan banyak drone ke Rusia, yang digunakan untuk menghancurkan infrastruktur sipil dan membunuh warga sipil di Ukraina,” ucap Blinken.

Baca Juga: Kapal Selam USS Annapolis Tiba di Korsel, Korut Tembak 2 Rudal

2. Rusia dan Korut pererat kerja sama pertahanan

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, kunjungan Shoigu merupakan lawatan mempererat hubungan kedua negara, terutama di bidang pertahanan.

“Kunjungan ini akan membantu memperkuat hubungan militer Rusia dan Korea Utara, dan akan menjadi momen penting dalam pengembangan kerja sama antara kedua negara,” sebut pernyataan dari Kemenhan Rusia.

Perjalanan Shoigu ke Pyongyang adalah kunjungan pejabat asing yang kali pertama diadakan dalam tiga tahun terakhir, dan bertepatan dengan peringatan 70 tahun Perang Korea. Korut menyebut perayaan itu sebagai Hari Kemenangan Pembebasan Tanah Air.

Baca Juga: ASEAN Kecewa Korut Luncurkan Rudal Lagi

3. China juga diundang ke Korut

Selain Rusia, China mengirimkan delegasinya ke Pyongyang untuk menghadiri peringatan 70 tahun Perang Korea. Delegasi China dilaporkan tiba Rabu. Delegasi tersebut dipimpin Li Hongzhong, anggota Politbiro Partai Komunis China.

Li Hongzhong dan Sergei Shoigu berdiri bersama Kim Jong Un saat melihat parade militer yang digelar di Pyongyang pada Jumat waktu setempat. Dalam parade tersebut, Korea Utara antara lain memamerkan rudal berkemampuan nuklir terbaru dan drone serang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya