ASEAN-Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Kreatif

Terutama untuk masyarakat ASEAN

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno berharap, Indonesia akan dilibatkan dalam kerja sama bidang ekonomi kreatif antara ASEAN dan Inggris.

Hal ini diungkapkan Sandiaga usai membuka acara ASEAN Creative Economy Initiative yang digelar oleh British Council.

“Kami percaya bahwa industri ekonomi kreatif akan jadi tulang punggung perekonomian global di masa depan. Industri ekonomi kreatif di Indonesia ini menyumbang sekitar 8 persen dalam PDB,” kata Sandiaga, di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Salah satu yang disorot Sandiaga adalah soal pariwisata. Pasalnya, wisatawan Indonesia sudah banyak yang ke Inggris. Ia berharap ke depannya, banyak juga wisatawan Inggris ke Indonesia.

“Misalnya kita punya banyak warga Indonesia yang suka pergi ke Inggris untuk nonton klub bola favoritnya. Tapi kami juga berharap hal yang sama, di mana turis dari Inggris akan memilih Indonesia juga ASEAN sebagai destinasi mereka,” lanjut Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Klaim Singapura Ajak Kolaborasi soal Konser Taylor Swift

1. Pertukaran budaya bisa jadi manfaat

ASEAN-Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi KreatifSandiaga Salahuddin Uno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, Sandiaga juga menuturkan bahwa pertukaran budaya antara ASEAN dan Inggris ini bisa memberikan manfaat kepada kedua belah pihak.

“Kalau pelajar, kita sudah kirim banyak ke Inggris, tapi di sini kita juga punya banyak hal yang bisa kita berikan ke warga Inggris. Saya percaya bahwa ekonomi kreatif dan pariwisata adalah hal yang menguntungkan dua negara, tidak pernah satu pihak saja,” tutur dia.

2. Inggris soroti peran perempuan

ASEAN-Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi KreatifDuta Besar Inggris untuk ASEAN, Sarah Tiffin. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk ASEAN, Sarah Tiffin menyoroti adanya upaya pembentukan program yang sesuai dengan kebutuhan setiap negara, dengan tujuan memperkuat peran perempuan.

“Di ASEAN ini kami berusaha membuat program-program yang sesuai dengan kebutuhan negara dan Inggris datang untuk membantu. Kami juga membuat peran perempuan yang menonjol dan tentunya juga kolaborasi dari British Council,” katanya.

3. ASEAN-Inggris sepakat memajukan ekonomi kreatif

ASEAN-Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi KreatifIlustrasi ASEAN Indonesia 2023 (IDN Times/Trio Hamdani)

ASEAN dan Inggris sepakat bekerja sama untuk memajukan kerja sama ekonomi kreatif, yang juga akan mengikutsertakan Sekretariat ASEAN guna mewujudkan inisiatif strategis penguatan industri kreatif di Indonesia.

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk menumbuhkan industri ekonomi kreatif di ASEAN, memaksimalkan hasil untuk masyarakat serta ASEAN itu sendiri dalam dunia global.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya