Budaya Sumatra Barat Memukau Warga Pakistan 

Ini bagian dari promosi budaya Indonesia ke Pakistan

Jakarta, IDN Times - Budaya Sumatra Barat diperkenalkan ke publik Pakistan, dikemas dalam sebuah acara seni budaya. Ajang pamer budaya ini juga merupakan salah satu taktik Indonesia untuk mempromosikan tanah air.

Publik Islamabad dibuat terpukau oleh penampilan tujuh penari dari Sanggar Tari dan Musik Syofyani asal Padang yang digelar di kampus National University of Modern Languages (NUML).

“Kami menyambut baik kegiatan seperti ini. Saya teringat berbagai titik temu puisi-puisi antara Allama Muhammad Iqbal dari Pakistan dan Anwar dari Indonesia,” kata Prof. Dr. Jamil Asgor Jammi, Dekan Fakultas Bahasa NUML, menyambut kedatangan kepada Duta Besar RI untuk Pakistan, Adam M. Tugio, dalam keterangan KBRI Islamabad, Senin (23/10/2023). 

Baca Juga: Jokowi Dipuji PBB soal Diplomasi Indonesia untuk Perdamaian Dunia

1. Lima tarian khas Padang dipamerkan

Budaya Sumatra Barat Memukau Warga Pakistan Tarian khas Sumatra Barat dipamerkan di Pakistan. (dok. KBRI Islamabad)

Para penari membawakan tarian Pasambahan, Salendang, Indang, Payung, dan Piring dengan sangat apik, memadukan ketegasan gerakan silat dan kelembutan gerakan tari.

Tidak ketinggalan, alat musik Talempong dan seruling juga turut dimainkan. Saking menariknya, para penonton tidak henti memberikan applause saat ada jeda atau menyiagakan telepon genggam untuk mengabadikan pertunjukan melalui video maupun foto.

“Penampilan tadi hanya sebagian dari seni budaya Indonesia. Masih banyak yang lainnya, karena negara kami memiliki ratusan suku dan bahasa daerah, yang mendiami 38 provinsi dengan keunikannya masing-masing,” ujar Adam.

Baca Juga: [QUIZ] Sumatra Barat atau Sumatra Selatan, Kami Tahu ke Mana Kamu Harus Liburan

2. Warga Pakistan diundang untuk mengunjungi Indonesia

Budaya Sumatra Barat Memukau Warga Pakistan Publik Pakistan terpesona dengan budaya Sumtara Barat. (dok. KBRI Islamabad)

Dalam sambutannya pun, Adam mengajak agar para warga Pakistan bisa mengunjungi Indonesia, baik itu berwisata maupun belajar.

“Para mahasiswa, silakan datang ke Indonesia untuk belajar. Kalian akan merasa seperti di negara sendiri, karena banyaknya persamaan antara Pakistan dan Indonesia. Makanan, pakaian, dan kebiasaan masyarakat. Saat ini, pelajar Pakistan merupakan penerima terbesar beasiswa pendidikan dari pemerintah Indonesia,” tutur Adam.

3. Publik Pakistan menyukai budaya Indonesia

Budaya Sumatra Barat Memukau Warga Pakistan Ilustrasi bendera Pakistan (unsplash.com/AbuzarXheikh)

Setelah pertunjukan seni, beragam kesan positif dialamatkan kepada para penari. Sejumlah warga Pakistan yang datang mengaku kagum dengan budaya Sumbar dari Indonesia yang disuguhkan.

KBRI Islamabad sendiri akan terus memperkuat engagement dengan berbagai kampus di Pakistan, sebagai bagian dari kerja sama peningkatan antarmasyarakat yang menjadi bagian penting dari diplomasi Indonesia di berbagai negara di dunia.

Baca Juga: Pakistan Secara Resmi Membuka Bandara Baru di Islamabad

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya