Jokowi Dipuji PBB soal Diplomasi Indonesia untuk Perdamaian Dunia

PBB sebut Indonesia merupakan mitra istimewa bagi PBB

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Gutteres, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/9/2023).

Jokowi menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi global yang sedang berada dalam ketidakpastian.

"Harapannya terhadap PBB yang semakin bersemangat untuk menciptakan perdamaian dunia. Persatuan dalam ASEAN dan PBB diperlukan untuk menjaga perdamaian dan mengatasi isu-isu penting di kawasan termasuk isu Myanmar," ujar Jokowi.

Baca Juga: KTT ke-20 ASEAN-India, Jokowi Soroti Penyelundupan Manusia-Narkoba

1. Jokowi sampaikan upaya ASEAN terkait dengan kerja sama di Indo-Pasifik

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, ASEAN sedang berupaya mewujudkan kerja sama yang pasti di kawasan Indo-Pasifik.

"ASEAN kembali berupaya mewujudkan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang diterjemahkan ke dalam kerja sama konkret," ucap dia.

Baca Juga: Di Sela KTT ASEAN, Jokowi Bertemu Presiden Bangladesh dan PM Kanada

2. PBB beri apresiasi terhadap upaya diplomasi Jokowi

Dalam kesempatan itu, Antonio menyampaikan apresiasi terhadap upaya diplomasi Jokowi dan Indonesia untuk ASEAN dan dunia.

"Bapak Presiden, pertama-tama saya mengucapkan selamat kepada Indonesia, dan saya pribadi mengucapkan selamat kepada Anda. Upaya diplomasi luar biasa yang dilakukan Indonesia tidak hanya akan berdampak pada kerangka ASEAN, namun juga global," kata Antonio.

Antonio mencontohkan, Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 dan Preisdensi G20 2022 merupakan contoh diplomasi yang baik.

"Adalah contoh luar biasa dari kombinasi diplomasi yang sangat terampil dengan bidang yang mengarah pada prinsip-prinsip, termasuk Piagam PBB," ujarnya.

3. Indonesia disebut sebagai mitra istimewa PBB

Lebih lanjut, Antonio menyebut Indonesia sebagai mitra istimewa PBB. Menurutnya, Indonesia memiliki peran utama dalam upaya pembangunan berkelanjutan atas perubahan iklim hingga berkomitmen terhadap hak asasi manusia.

Antonio menerangkan, PBB berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dan ASEAN.

"Selamat kepada Bapak Presiden atas kepemimpinan Anda yang luar biasa di ASEAN selama periode ini," tambahnya.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya