Buka KTT ASEAN, Jokowi: Jangan Jadikan ASEAN Arena Rivalitas

Jokowi tolak ASEAN jadi proxy

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo, resmi membuka KTT ke-43 ASEAN. Dalam pidato pembukaannya, Jokowi menyinggung bahwa rivalitas kini dirasa semakin besar.

Jokowi menekankan, ASEAN sepakat untuk tidak menjadi proxy bagi kekuatan manapun, namun bekerja sama untuk perdamaian dan kemakmuran.

“Jangan jadikan kapal kami ASEAN sebagai arena rivalitas yang saling menghancurkan, tapi jadikanlah kapal ASEAN ini sebagai ladang untuk menumbuhkan kerja sama, untuk menciptakan kemakmuran, menciptakan stabilitas, menciptakan perdamaian yang tidak hanya bagi kawasan tapi juga bagi dunia,” kata Jokowi, dalam pidatonya di Plenary Hall, JCC, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Dalam kesempatan ini, Jokowi sempat mengucapkan selamat datang kepada para pemimpin ASEAN di KTT pamungkas dalam keketuaan Indonesia ini.

“Saya yakin tidak hanya Indonesia, tapi seluruh negara anggota ASEAN memiliki rasa kebanggaan yang sama, memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap keluarga yang kita beri nama ASEAN,” ucap Jokowi.

KTT ke-43 ASEAN digelar di Jakarta pada Selasa-Kamis (5-7/9/2023). Rangkaian perhelatan pekan ini dimulai dengan pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN di Sekretariat ASEAN pada Senin (4/9/2023). Sejumlah isu yang dibahas di pertemuan menlu tersebut akan dibawa ke KTT dan diputuskan hasilnya, termasuk isu konflik Myanmar.

Baca Juga: Fakta-fakta seputar KTT ASEAN yang Perlu Kamu Ketahui!

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya