Dorong Nol Emisi Karbon, FPCI Gelar Net Zero Summit 2023

Konferensi ini adalah kedua kalinya digelar oleh FPCI

Jakarta, IDN Times - Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) untuk kedua kalinya akan kembali menggelar Indonesia Net-Zero Summit 2023 pada Sabtu, 24 Juni 2023, berlokasi di Djakarta Theatre XXI, Jakarta, pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

“Perubahan iklim saat ini bisa memusnahkan mimpi kita pada 2045. Kalau kenaikan suhu dunia mengalami kenaikan 2 derajat Celcius rata-ratanya, 99 persen terumbu karang dunia akan mati,” kata Founder dan Chairman FPCI, Dino Patti Djalal, dalam konferensi persnya di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

“Kita adakan acara ini untuk membangkitkan kesadaran masyarakat. Sejak 2021, FPCI kami berbangga hati menjadi salah satu organisasi yang terus mengajak masyarakat sadar akan perubahan iklim,” ucap dia.

Konferensi iklim tahunan ini akan menjadi wadah pertemuan bagi menteri, pejabat, dipomat, aktivis, musisi, pemuda dan organisasi di Indonesia untuk berdiskusi terkait pencapaian nol emisi karbon di Indonesia.

Baca Juga: FPCI: Indonesia Harus Jadi Pelopor Perundingan Iklim COP 26 Tahun Ini

1. Emisi harus mulai dikurangi dari sekarang

Dorong Nol Emisi Karbon, FPCI Gelar Net Zero Summit 2023Indonesia Net Zero Summit 2023. (dok. fpci.org)

Dino menegaskan, emisi harus mulai dikurangi dari sekarang untuk mencapai nol emisi di Indonesia belasan tahun ke depan.

“Kita terbiasa menyadari krisis kalau sudah terjadi. Kita tidak bisa menunggu 20-30 tahun lagi. Kita harus mulai dari sekarang,” tutur eks Wakil Menteri Luar Negeri RI ini.

“Ini sudah dihitung carbon stock-nya berapa emisi yang harus dipotong untuk menjaga agar carbon stock memenuhi target 1,5 derajat sesuai dengan Paris Agreement,” ucapnya.

Baca Juga: Kurangi Emisi Karbon, DHL Express Tambah 24 Van Listrik di Indonesia

2. Sejumlah menteri dan tokoh sudah mengonfirmasi hadir

Dorong Nol Emisi Karbon, FPCI Gelar Net Zero Summit 2023Founder FPCI, Dino Patti Djalal. (Dok. Youtube FPCI)

Dino juga menegaskan, sejumlah menteri, tokoh, dan aktivis sudah mengonfirmasi kehadirannya di forum Net Zero Summit ini.

“Agus Harimurti Yudhoyono, Luhut Pandjaitan, Sandiaga Uno, beberapa nama yang konfirmasi sudah hadir di forum kita,” ungkap Dino.

Indonesia Net Zero Summit sendiri akan hadir dalam bentuk diskusi, town hall, kuis? games serta konser dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca Juga: Jokowi ke Rusia-Ukraina Bawa Misi Perdamaian, FPCI: Harus Komitmen!

3. Bermitra dengan banyak pihak untuk capai tujuan Indonesia

Dorong Nol Emisi Karbon, FPCI Gelar Net Zero Summit 2023ilustrasi nol emisi karbon. (airlines.iata.org)

Indonesia Net Zero Summit 2023 besutan FPCI ini juga melibatkan banyak pihak yang menginginkan tujuan yang sama, yaitu Indonesia bebas emisi karbon.

FPCI sendiri telah bermitra dengan lebih dari 100 organisasi masyarakat, komunitas dan universitas.

Setidaknya sudah ada 7 ribu orang yang mendaftar untuk acara ini. FPCI sendiri berharap agar para mitra bisa mendorong pemerintah Indonesia untuk mempercepat pencapaian nol emisi karbon di Tanah Air.

Baca Juga: Karhutla Capai 28,019 Hektare, Lepaskan 2,84 Juta Emisi Karbon

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya